Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Mahasiswa Pendas Menulis Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar Pada UPBJJ-UT Yogyakarta

Astuti, Budi (2014) Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Mahasiswa Pendas Menulis Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar Pada UPBJJ-UT Yogyakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Budi Astuti file 03.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Megajar menentukan masa depan peserta belajar sebab apa yang mereka terima selama pembelajaran dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku mereka dalam menjalani kehidupan selanjutnya. Guru sebagai orang yang memiliki profesi mengajar memiliki peran penting dalam menyiapkan generagi unggulan masa depan, maka perlu dilakukan peningkatan kualitasnya agar memiliki kemampuan mengajar secara professional. Atas pertimbangan tersebut Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka memandang perlu menyediakan matakuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) pada program studi Strata satu Pendidikan Sekolah Dasar (S1-PGSD). Matakuliah PKM bertujuan melatih dan membekali mahasiswa dengan kebiasaan mempersiapkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memperbaiki pembelajaran di sekolah berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan bidang studi dan kependidikan- keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pada akhir kegiatan mahasiswa peserta PKM diwajibkan menulis laporan atas kegiatan yang telah dilakukannya. Berdasarkan pengalaman penulis beberapa waktu yang lalu sebagai pembimbing PKM, banyak keluhan peserta PKM tentang kesulitan menulis laporan PKM padahal sebenarnya apa yang dilakukan selama PKM merupakan pekerjaan guru sehari-hari. Tulisan ini dimaksudkan untuk mencari tahu permasalahan mengapa mahasiswa peserta PKM mengalami kesulitan dalam menulis laporan

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0079.pdf
Uncontrolled Keywords: PKM, Laporan, Faktor
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2023 08:48
Last Modified: 25 Sep 2023 04:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10457

Actions (login required)

View Item View Item