Pengaruh Pemberian Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) terhadap Performan Persentase Karkas dan Kandungan Lemak Abdomen Ayam Broiler

Wardiny, Tuty Maria and Sinar, Tengku Eduard Azwar and Zainuddin, Desmayati Pengaruh Pemberian Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) terhadap Performan Persentase Karkas dan Kandungan Lemak Abdomen Ayam Broiler. In: SEMINAR NASIONAL POKJANAS TOI XXXVI 2009, 13-14 Mei 2009, UNIVERSITAS SANATA DHARMA.

[img]
Preview
Text
seminar nasional kelompok kerja tanaman obat indonesia.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Peternak terutama yang skala kecil mulai menggunakan obat tradisional untuk mencegah atau mengoati ternak yang sakit dan meningkatkan pertumbuhannya. Salah satu yang dapat digunakan adalah temulawak ( Curcuma xanthorriza Roxb) yang sudah sering digunakan oleh manusia untuk meningkatkan nafsu makan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Hasil analisis Balai Penelitian Obat dan aromatik (2008) menyatakan bahwa tepung temulawak mengandung: bahan kering 94,14%, pati emak 9,04%, protein 9,88%, serat 2,26%, minyak atsiri 5,97%, kurkumin 2% dan xanthorizol Kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, anti oksidan,mencegah kanker, dan anti mikroba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian temulawak dalarn ransum broiler terhadap performan, kualitas karkas dan kandungan lemak abdomennya. Rancangan Acak lengkap (RAL) digunakan untuk menganalisa data yang diperoleh dari penelitian ini. Dua ratus ekor dibagi menjadi 4 (empat) perlakuan dengan 5 (Hrna) ulangan dan masing-masing ulangan terdiri 10 (sepuluh) ekor DOC. Ransum perlakuan adalah ransum kontrol (RO), 1% tepung temulawak 2% tepung temulawak (R2), dan 3% tepung temulawak (R3). Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum, bobot karkas dan kandungan lemak abdomen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsurnsi ransum, pertambahan bobot badan, bobot dan kandungan lemak abdomen ayam broiler nyata (p<0.05) dipengaruhi oleh ransum perlakuan. Konversi ransum tidak berbeda nyata untuk semua perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 % tepung temulawak dalam ransum memberikan basil yang terbaik terhadap penampilan ayam dibandingkan dengan perlakuan ransum lainnya, karena menghasilkan pertambahan bobot badan persentase karkas yang lebih tinggi serta konversi ransum yang rendah tetapi belum mampu menyimpulkan kandungan lemak abdomennya. Temyata pada level 2% dan 3% tepung temulawak dalam ransum dapat menurunkan kandungan lemak abdomennya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Lecture)
Additional Information (ID): 23/S0011.pdf
Uncontrolled Keywords: ayam broiler; Curr:uma xanthorriza Roxb, karkas, lemak abdomen
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 633.2 Forage Crops (Tanaman Pakan Ternak, Tumbuhan Pakan Ternak)
Divisions: Arsip Digital > Dokumentasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 May 2023 04:17
Last Modified: 04 Aug 2023 03:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10464

Actions (login required)

View Item View Item