Penggunaan Mengkudu (Morinda citrifolia) dalam ransum dapat Meningkatkan Proiduktivitas dan Kualitas Telur Ayam

Wardiny, Tuty Maria (2009) Penggunaan Mengkudu (Morinda citrifolia) dalam ransum dapat Meningkatkan Proiduktivitas dan Kualitas Telur Ayam. In: SEMINAR NASIONAL POKJANAS TOI XXXVI 2009, 13-14 Mei 2009, UNIVERSITAS SANATA DHARMA.

[img]
Preview
Text
seminar nasional kelompok kerja tanaman obat indonesia-mengkudu.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Mengkudu (Marinda cirrifolia) merupakan salah satu tanaman obat tropis yang tennasuk dalam salah satu tanaman obat dari suku Rubiaceae (kopi-kopian) yang sudah dimanfaatkan manusia sejak jaman dahulu. Tanaman ini mengandung berbagai vitamin. mineral. enzim,alkaloid, ko-faktor dan sterol yang terbentuk secara alamiah. Selain itu, sebagaimana sayuran hijau pada umumnya daun mengkudu sangat kaya akan protein. provitamin A. serta beberapa mineral seperti fosfor. kalsium. zat besi dan selenium. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian mengkudu (Morinda citrifolia) dalam ransum ayam petelur terhadap produktivitas dan kualitas telur ayam. Rancangan Acak Lengkap (RAL) digunakan untuk menganalisa data yang diperoleh dari penelitian ini. Seratus lima ekor ayam petelur strain ISA Brown dibagi menjadi 7 (tujuh) perlakuan dengan 3 (tiga) ulangan dan masing-masing ulangan terdiri dari 5 (lima) ekor ayam petelur. Ransum perlakuan adalah ransum kontrol (RO), 3% tepung daun mengkudu (R 1 ). 6% tepung daun mengkudu (R2), 9% tepung daun mengkudu (R3), 3% sari buah mengkudu (R4). 6% sari buah mengkudu (RS). dan 9% sari buah mengkudu (R6). Parameter yang diukur adalah umur dewasa kelamin, produksi telur, berat telur. warna kuning telur. dan kandungan kolesterol kuning telur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa umur dewasa kelamin, produksi telur. berat telur. warna kuning telur dan kandungan kolesterol kuning telur nyata (p<0.05) dipengaruhi oleh ransum perlakuan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian mengkudu dalam ransum dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas telur ayam

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Additional Information (ID): 23/S0010.pdf
Uncontrolled Keywords: kolesterol. Marinda citrifalia, vitamin A
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 633.2 Forage Crops (Tanaman Pakan Ternak, Tumbuhan Pakan Ternak)
Divisions: Arsip Digital > Dokumentasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 May 2023 04:22
Last Modified: 04 Aug 2023 03:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item