Institusi Pendidikan Tinggi Menuju Entrepreneurial University: Permodelan Penciptaan Public Value

Nasoha, Mohamad and Ginting, Ginta (2017) Institusi Pendidikan Tinggi Menuju Entrepreneurial University: Permodelan Penciptaan Public Value. Project Report. Universitas Terbuka. (Submitted)

[img]
Preview
Text
3 Institusi Pendidikan Tinggi Menuju Entrepreneurial University Permodelan Penciptaan Public Value.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

Permodelan penelitian entrepreneurial university dikembangkan untuk dapat mengidentifikasi gap penelitian bahwa institusi pendidikan tinggi sebagai sektor publik dinilai oleh sebagian masyarakat lamban menerapkan entrepreneurship. Sehingga, belum dapat memberikan dampak optimal memenuhi kebutuhan industri dan bisnis. Kondisi tersebut memunculkan tuntutan agar beroperasi entreprenurially, menuju pada komersialisasi hasil riset untuk mendorong terjadinya percepatan inovasi. Institusi pendidikan tinggi harus didorong menuju an entrepreneurial state of mind. Permodelan penelitian ini menggunakan variabel indepedent (Input) yang terdiri dari organization dan environment. Sebagai variabel moderator (Process) adalah learning orientation, collaborative network, entrepreneurial orientation. Untuk mengukur dampak dari semua variabel maka public value digunakan sebagai variabel dependent. Responden yang terlibat pada penelitian ini 172 orang yang merupakan tenaga pengajar UT dan UPBJJ-UT. Dengan menggunakan SEM-PLS semua organization factor berpengaruh lebih kuat terhadap learning experience dibandingkan Environmental factors. Learning orientation dan entrepreneurial orientation berpengaruh kuat terhadap public value. Untuk penelitian kedepan perlu diidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi collaborative network yang dalam penelitian ini tidak signifikan mempengaruhi public value.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0017.pdf
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurial University, Collaborative Network, Learning Orienation, Entrepreneurial Orientation, Public Value
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.04092 Entrepreneurs (Entrepreneur, Wirausaha)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 May 2023 09:34
Last Modified: 29 Sep 2023 02:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10493

Actions (login required)

View Item View Item