Pengembangan Model Marketing Program FKIP UT

Hadianti, Siti and Pratiwi, Brillianing and Rahayu, Ucu and Aisyah, Siti and Prakoso, Teguh and Casmat, Memet and Jaya, Fitra (2022) Pengembangan Model Marketing Program FKIP UT. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
B3_Laporan Akhir Penelitian_Pengembangan Model Marketing FKIP-UT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, jumlah mahasiswa Universitas Terbuka adalah 341,956 (16 November 2021 dalam https://www.ut.ac.id). Berdasarkan jumlah tersebut, porsi mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-UT (FKIP-UT) berada pada angka 37,88%, atau 129.546 (FHISIP 31,98%, FE 24,88%, FST 4,07%,dan Pascasarjana 1,19%). Artinya, berdasarkan data itu, jumlah mahasiswa FKIP-UT saat ini tidak menjadi dominan sebagaimana tercatat pada tahun-tahun sebelumnya. Sementara itu, jika dilihat dari persentase guru yang telah berkualifikasi sarjana, guru yang belum berderajat sarjana terbanyak adalah guru SD, yakni 21%. Kemudian guru Pendidikan Luar Biasa yang berada pada 18%. Berdasarkan data tersebut, tren penurunan mahasiswa FKIP-UT yang notabene para guru dalam jabatan adalah hal yang logis. Dalam konteks yang demikian, karena para guru yang berderajat sarjana sudah semakin terpenuhi, pembukaan program studi baru yang tidak mensyaratkan harus menjadi guru terlebih dahulu juga harus diantisipasi dengan baik. Namun, fenomena yang terjadi ini harus disiasati dengan pemilihan strategi marketing yang efektif agar penurunan yang terjadi dapat diredam. Salah satu cara yang harus dilakukan dapat berupa penciptaan program studi baru yang ditentukan berdasarkan analisis kebutuhan lapangan, atau strategi pemasaran yang menyasar berbagai kalangan, khususnya kaum milenial. Berkenaan dengan hal-hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendesain bentuk sosprom digital agar tren penurunan jumlah mahasiswa di FKIP-UT dapat disiasati dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan direncanakan dilakukan dalam waktu tiga tahun. Pada tahun pertama, dilakukan studi pendahuluan untuk mengetahui bagaimana upaya marketing yang dilakukan selama ini dan berbagai terobosan yang telah didesain, misalnya dengan pembukaan program studi baru atau hal lainnya. Pada tahun kedua dilakukan pengembangan model marketing yang efektif untuk menyasar calon-calon mahasiswa FKIP-UT. Pada tahun ketiga akan dilakukan implementasi dan evaluasi program marketing. Responden penelitian adalah para pakar dari rumpun teknologi pendidikan, youtuber, pegiat media sosial, konten kreator, dan para Direktur UT sebagai salah satu ujung tombak pemasaran UT. Penelitian ini diharapkan mampu menghasilkan bentuk marketing digital sebagai sarana efektif untuk mengantisipasi tren penurunan calon mahasiswa FKIP-UT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 23/G0067.pdf
Uncontrolled Keywords: marketing, digital, program studi
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:34
Last Modified: 25 Sep 2023 03:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10512

Actions (login required)

View Item View Item