Potensi Air Kolam Lele Bioflok Sebagai Pengganti Larutan Hidroponik Komersial Pada Budidaya Tanaman Sawi

Suhardianto, Anang and Hartari, Ariyanti (2023) Potensi Air Kolam Lele Bioflok Sebagai Pengganti Larutan Hidroponik Komersial Pada Budidaya Tanaman Sawi. SAINTEKES: Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 2 (3). pp. 417-423.

[img]
Preview
Text
POTENSI+AIR+KOLAM+LELE+BIOFLOK+SEBAGAI+PENGGANTI+LARUTAN+HIDROPONIK+KOMERSIAL+PADA+BUDIDAYA+TANAMAN+SAWI.pdf

Download (273kB) | Preview
Official URL: https://blog.aspirasi.ac.id/

Abstract

Sistem akuaponik bioflok nutrien merupakan simbiose mutualisme antara teknik budidaya ikan dengan budidaya tanaman hidroponik. Sistem ini merupakan implementasi dari semangat urban farming dan grow your own, yang memberikan jawaban atas keterbatasan lahan yang dimiliki masyarakat perkotaan serta sebagai salah satu upaya membangun ketahanan pangan bagi masyarakat perkotaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efek pemanfaatan air kolam lele bioflok dan larutan AB mix serta kombinasi keduanya untuk budidaya akuaponik tanaman sawi (caisim, pakchoy, dan kailan). Penggunaan air kolam bioflok dan larutan AB mix pada perbandingan 1 : 1 mampu memberikan parameter pertumbuhan berupa tinggi tanaman, jumlah daun, dan bobot segar tertinggi baik pada tanaman caisim, pakchoy, dan kailan. Air kolam lele bioflok dapat digunakan sebagai pengganti larutan AB mix untuk budidaya caisim, pakchoy, dan kailan secara sistem akuaponik bioflok nutrient

Item Type: Article
Additional Information (ID): 23/B0060.pdf
Uncontrolled Keywords: air kolam lele bioflok, caisim, pakchoy, kailan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 631.8 Fertilizers, Growth Regulator (Pupuk, Regulator Tumbuhan Pertanian)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:24
Last Modified: 26 Sep 2023 03:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10518

Actions (login required)

View Item View Item