Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD Gugus 10 Kec. Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Millah, Roihatul and Nuryandani, Einstivina and Achmad, and Rajati, Tati and Fahriansyah, (2022) Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD Gugus 10 Kec. Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Working Paper. Universitas Terbuka, Pontianak. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
JURNAL PKM - Pelatihan PTK.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: ut.ac.id

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mitra KKG SD Gugus 10 Kec. Sungai Raya Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam merancang penelitian tindakan kelas guna pengembangan keprofesionalitasan guru dalam mengatasi permasalahan kelas, meningkatkan kualitas pembelajaran, menumbuhkembangkan kebiasan dan budaya meneliti, dan mendorong terwujudnya proses pembelajaran yang menarik, menantang, dan menyenangkan sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Berdasarkan survei dan wawancara ditemukan bahwa banyak guru yang belum memahami konsep dan pentingnya penelitian tindakan kelas bagi peningkatan mutu pembelajaran. Oleh karena itu, banyak guru yang belum memahami bagaimana melaksanakan dan menulis penelitian tindakan kelas. Hal ini dapat berpengaruh kinerja guru dan hasil belajar siswa. Guru diharapkan sebagai problem solver dapat berupaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan siswa. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dan siswa guna peningkatan kualitas dan profesionalitas pembelajaran dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Additional Information (ID): 23/M0020.pdf
Uncontrolled Keywords: Penulisan penelitian tindakan kelas, Guru SD Gugus 10
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
400 Language > 410-419 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia) > 411 Writing Systems (Sistem Tulisan, Penulisan )
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:53
Last Modified: 21 Sep 2023 06:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item