Analisis Optimasi Manajemen Proyek, Kajian Six Sigma, Axiomatic Design, dan Two-level Factorial Design Method

Triwidiastuti, Sri Enny (2023) Analisis Optimasi Manajemen Proyek, Kajian Six Sigma, Axiomatic Design, dan Two-level Factorial Design Method. In: Trends in Science and Technology for Sustainable Living. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pp. 97-123. ISBN 978-623-153-294-7

[img]
Preview
Text
4 Analisis Optimasi Manajemen Proyek.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini menyajikan manfaat dan kendala metode Axiomatic Design (AD) sebagai bagian dari konsep Six Sigma dalam domain Statistika Pengawasan Kualitas yang diterapkan untuk optimasi manajemen proyek. Optimasi dalam manajemen proyek dapat diartikan sebagai peningkatan kualitas, produktivitas dan mengurangi kesalahan. Salah satu upaya optimasi kegiatan tersebut dengan melakukan analisis proses bisnis yaitu segmentasi unit-unit kegiatan menjadi lebih kecil, fleksibel dan terdesentralisasi, dimana ini merupakan bagian dari tren sains dan teknologi untuk kehidupan berkelanjutan. Untuk mencapai optimasi yang diinginkan sering kali harus dilakukan segmentasi dan reduksi variabel penting. Prosedur reduksi dan segmentasi menggunakan metode AD, berbasis pada pembobotan variabel yang memenuhi persyaratan dari segi kualitas, desain strategis, organisasi, dan teknologi. Analisis optimasi manajemen proyek dilakukan dengan menggunakan tahapan Six Sigma yang diterapkan pada salah satu desain pekerjaan pembangunan gedung kantor. Berbasis pada temuan Mader (2005) dan beberapa kajian perbandingan optimasi proses manufaktur dengan Six Sigma dari penulis: Hu dan Pieprzak (2005), Naeem et all. (2016), dan Tanusha, Jyothilakshmi & George (2021), serta Pakdil (2021) tentang penerapan DMAIC dalam menentukan prioritas proyek dan seleksi metodenya yang mayoritas mempergunakan AHP (analytic hierarchy process) dan MCDM (multi-criteria decision-making methods). Hasil studi ini adalah AD dan Six Sigma dapat diterapkan secara simultan dan saling melengkapi untuk keperluan tersebut.

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): 23/BS0029.pdf
Uncontrolled Keywords: analisis proses bisnis, metode Axiomatic Design, metode Six Sigma, manajemen proyek
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.404 Project Management (Manajemen Proyek)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:06
Last Modified: 24 Nov 2023 06:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10558

Actions (login required)

View Item View Item