Kajian Literatur Model Prompt Engineering ChatGPT untuk Pengajar di Institusi Pendidikan Jarak Jauh

Amastini, Fitria and Aprijani, Dwi Astuti and Prasetyo, Dimas Agung and Summerlie, Aime Jeslyn (2023) Kajian Literatur Model Prompt Engineering ChatGPT untuk Pengajar di Institusi Pendidikan Jarak Jauh. In: Trends in Science and Technology for Sustainable Living. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pp. 125-146. ISBN 978-623-153-294-7

[img]
Preview
Text
5 Kajian Literatur ChatGPT.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ChatGPT adalah model generative artificial intelligence (AI) yang mendapat perhatian dari masyarakat global. ChatGPT dapat dimanfaatkan oleh karyawan di perusahaan untuk membantu pekerjaan dan meningkatkan produktivitasnya. Di bidang pendidikan dan riset di pendidikan tinggi, ChatGPT mendapat reaksi positif maupun negatif. Inovasi berbasis AI ini menimbulkan perdebatan mengenai potensi ancaman ChatGPT terhadap pendidikan tinggi. Namun, inovasi tidak dapat dihentikan dan suatu saat perlu untuk merangkul keberadaaan model generative AI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penelitianpenelitian sebelumnya terkait implementasi rekayasa prompt dalam memanfaatkan model generative AI di pendidikan tinggi untuk mendukung proses belajar mengajar. Rekayasa prompt memiliki beberapa pola tertentu dan dapat dikombinasikan untuk menghasilkan keluaran yang sesuai harapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). SLR mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menaksirkan semua penelitian yang tersedia dengan pertanyaan penelitian tertentu, bidang topik, atau fenomena yang menarik. Hasil dan implikasi dari penelitian ini adalah pemanfaatan ChatGPT dapat membantu mahasiswa dalam pembelajaran mandiri di pendidikan jarak jauh. Rekayasa prompt diformulasikan dengan mengkombinasi pola prompt Persona, Template, Context Control, dan Question Refinement. Dari hasil pengkajian penelitian sebelumnya, masih terdapat peluang yang besar untuk pengembangan selanjutnya terkait implementasi atau pembuatan model yang konkrit dalam membantu pembelajaran mandiri mahasiswa di pendidikan tinggi jarak jauh ,, ,

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): 23/BS0028.pdf
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, kecerdasan buatan, pendidikan jarak jauh, prompt engineering, teacher-based model chatbot
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 006.3 Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:12
Last Modified: 24 Nov 2023 06:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10559

Actions (login required)

View Item View Item