Catatan Singkat: Potensi Kopi Robusta (Coffea Robusta Linden) sebagai Antioksidan dan Antibakterial

Prasetyo, Budi and Kusumaningrum, Elizabeth Novi and Saraswaty, Indah (2023) Catatan Singkat: Potensi Kopi Robusta (Coffea Robusta Linden) sebagai Antioksidan dan Antibakterial. In: Trends in Science and Technology for Sustainable Living. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pp. 183-206. ISBN 978-623-153-294-7

[img]
Preview
Text
7 CATATAN SINGKAT POTENSI KOPI ROBUSTA.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Secara tidak langsung, kegemaran dan nikmatnya menyeduh kopi di kalangan masyarakat berakibat pada terciptanya kesehatan badan yang cukup prima. Hasil kajian di laboratorium menunjukkan bahwa kopi robusta mengandung berbagai senyawa bioaktif seperti polifenol, asam klorogenat, dan trigonelline, serta terbukti juga mengandung antioksidan dan antibakterial yang bermanfaat baik bagi kesehatan masyarakat. Secara alami tubuh manusia mampu menghasilkan antioksidan dalam bentuk enzim dan vitamin. Contoh antioksidan yang berbentuk enzim adalah katalase, glutation peroxidase, dan superoxide dismutase, sedangkan yang berbentuk vitamin berupa asam askorbat (vitamin C), alfatokoferol (vitamin E), dan beta karoten (vitamin A). Antioksidan alami tersebut mampu menangkal radikal bebas, namun karena pola makan yang kurang sehat dan tidak benar, usia yang semakin bertambah, juga karena pengaruh luar seperti polusi, asap rokok, radiasi ultraviolet di lingkungan, maka produksi antioksidan dalam tubuh menjadi berkurang sehingga diperlukan tambahan antioksidan dari luar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menyampaikan kepada publik informasi tentang kopi robusta sebagai antioksidan dan antibakterial yang bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah literature review. Hasil kajian menyatakan bahwa kopi robusta (Coffea robusta) memiliki antioksidan tinggi, yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif, dengan cara menghambat reaksi oksidasi yakni mengikat radikal bebas dan molekul reaktif yang dapat mengganggu sel. Selain itu, juga mengandung antibakterial yang memiliki sifat dapat menghentikan pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme patogen, seperti Porphyromonas gingivalis, Streptococcus mutans, Enterococcus faecalis, dan Staphylococcus epidermidis.

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): 23/BS0026.pdf
Uncontrolled Keywords: antibakteri, antioksidan, kopi robusta, radikal bebas
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 640-649 Home Economic and Family Living (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Kehidupan Keluarga) > 641.3373 Coffe (Kopi)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:40
Last Modified: 24 Nov 2023 06:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10561

Actions (login required)

View Item View Item