Transformasi Digital dalam Sektor Agribisnis

Nurdiyah, (2023) Transformasi Digital dalam Sektor Agribisnis. In: Trends in Science and Technology for Sustainable Living. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pp. 305-337. ISBN 978-623-153-294-7

[img]
Preview
Text
12 TRANSFORMASI DIGITAL DALAM SEKTOR AGRIBISNIS.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Transformasi digital memiliki peran penting dalam mendorong peningkatan efisiensi, produktivitas, dan daya saing di berbagai sektor, termasuk agribisnis. Sektor agribisnis adalah pilar penting dalam perekonomian global, namun dituntut untuk dapat menghadapi tantangan seperti perubahan iklim, meningkatnya permintaan pangan dan adanya alih fungsi lahan yang mengakibatkan lahan pertanian semakin berkurang. Inovasi teknologi dalam bentuk transformasi menjadi solusi dalam menghadapi tantangan dan menciptakan agribisnis yang berkelanjutan. Identifikasi peran teknologi informasi seperti Internet of Things (IoT), big data, dan analisis prediktif dalam meningkatkan efisiensi operasional yang dapat memudahkan petani dan pelaku agribisnis. Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan platform digital dan e-commerce yang telah menghadirkan peluang baru bagi pelaku agribisnis. Peningkatan literasi digital di kalangan petani dan pelaku agribisnis adalah cara untuk memahami dan mengadopsi teknologi dengan lebih efektif. Beberapa tantangan yang dihadapi dalam implementasi transformasi digital di sektor agribisnis menjadi mudah dengan adanya kolaborasi dan kemitraan serta dukungan dari pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan seluruh stakeholder yang terlibat.

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): 23/BS0021.pdf
Uncontrolled Keywords: transformasi digital, sektor agribisnis, inovasi teknologi, internet of things (IoT), efisiensi
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 630 Farm, Farming (Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:11
Last Modified: 24 Nov 2023 06:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10566

Actions (login required)

View Item View Item