Model Bisnis Aplikasi Pemasaran Digital untuk Produk Perikanan

Wicaksana, Bayu Eka and Nurunisa, Venty Fitriany and Nawawi, Moh Nur (2023) Model Bisnis Aplikasi Pemasaran Digital untuk Produk Perikanan. In: Trends in Science and Technology for Sustainable Living. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pp. 339-363. ISBN 978-623-153-294-7

[img]
Preview
Text
13 MODEL BISNIS APLIKASI PEMASARAN DIGITAL.pdf

Download (831kB) | Preview

Abstract

Sektor perikanan merupakan mega sektor yang memberikan kontribusi bagi Indonesia. Karakteristik produk perikanan dan kondisi geografis Indonesia merupakan tantangan bagi pemasaran dan distribusi produk perikanan. Permasalahan pemasaran produk perikanan yang efisien membutuhkan upaya yang serius dan kolektif. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisa model bisnis pada pengembangan aplikasi pemasaran produk perikanan sehingga penciptaan teknologi dalam membantu penyelesaian masalah tataniaga perikanan dapat berhasil dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kerangka sembilan elemen Model Bisnis Kanvas. Berdasarkan hasil analisa model bisnis yang dilakukan, segmen konsumen yang potensial dalam pengembangan model bisnis ini diantaranya adalah pelaku usaha pada sistem bisnis perikanan dan konsumen dengan pemahaman teknologi yang cukup baik. Proposisi nilai dapat menekankan pada variasi produk, jaminan kualitas, layanan yang cepat tanggap melalui aplikasi, dan distribusi, serta penanganan produk perikanan yang menjaga kualitas. Saluran pemasaran fokus kepada pemanfaatan website, e-commerce, social media marketing, iklan online, dan video marketing. Perusahaan perlu membangun interaksi dan layanan untuk membangun hubungan dengan konsumen melalui teknologi aplikasi. Pendapatan usaha dapat diperoleh melalui penjualan produk, fee layanan, dan fee langganan atau keanggotaan. Dari sisi produksi, proses operasional bisnis aplikasi menjadi sumberdaya kunci, dimana proses ini akan berjalan baik melalui kemitraan dengan investor, produsen ikan, produk olahan perikanan, ekspedisi, lembaga keuangan, lembaga pemerintah, dan vendor layanan aplikasi. Pada struktur biaya, pengeluaran untuk operasional biaya pemeliharaan, riset pengembangan, dan sistem aplikasi menjadi komponen biaya utama dalam bisnis ini.

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): 23/BS0020.pdf
Uncontrolled Keywords: aplikasi pemasaran, bisnis model, perikanan, BMC
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 005.5 General Purpose Application Programs (Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus)
600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 639.2 Commercial Fishing, Fishery (Penangkapan Ikan untuk Tujuan Komersial, Perikanan)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:01
Last Modified: 24 Nov 2023 06:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

View Item View Item