Urgensi Penyuluh Swadaya dalam Pemberdayaan Masyarakat Agribisnis

Pertiwi, Pepi Rospina (2023) Urgensi Penyuluh Swadaya dalam Pemberdayaan Masyarakat Agribisnis. In: Trends in Science and Technology for Sustainable Living. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, pp. 367-399. ISBN 978-623-153-294-7

[img]
Preview
Text
14 URGENSI PENYULUH SWADAYA DALAM.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Urgensi penyuluh dapat ditinjau dari sejauh mana fungsi-fungsi penyuluhan dijalankan oleh penyuluh pertanian, tak terkecuali penyuluh swadaya sebagai salah satu ujung tombak penggerak masyarakat petani. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran penyuluh swadaya dalam masyarakat serta fungsi-fungsi penyuluhan apa saja yang masih perlu diperhatikan dalam upaya pemberdayaan masyarakat agribisnis. Tulisan dikembangkan berdasarkan kajian literatur terkait penyuluh swadaya serta hasil penelitian terkait fungsi-fungsi penyuluhan yang harus dilakukan oleh penyuluh swadaya. Penelitian dilakukan terhadap sejumlah penyuluh pertanian swadaya yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur dan Bogor. Populasi penelitian adalah seluruh penyuluh swadaya yang berada di Kabupaten Cianjur dan Bogor, masing-masing berjumlah 80 dan 160 orang. Sampel diambil sejumlah 27 persen sehingga diperoleh 22 orang responden dari Kabupaten Cianjur dan 44 responden Kabupaten Bogor, total sampel adalah 66 responden. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, didukung dengan data kualitatif untuk memberikan penjelasan yang lebih luas. Pendekatan kuantitatif dilakukan melalui metode survey dengan mewawancarai penyuluh swadaya berdasarkan kuesioner. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan Microsoft Excel dan disajikan secara deskriptif dalam bentuk tabulasi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penyuluh swadaya telah menjalankan fungsi penyuluhan dengan baik. Dari semua fungsi yang dijalankan, urgensi penyuluh swadaya yang masih harus ditingkatkan dalam memberdayakan masyarakat agribisnis adalah kemampuannya dalam upaya penumbuhan kepemimpinan, manajerial, dan wirausaha serta dalam upaya penumbuhan organisasi.

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): 23/BS0019.pdf
Uncontrolled Keywords: fungsi penyuluhan, pemberdayaan masyarakat, penyuluh swadaya, urgensi penyuluh swadaya
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9 Economic Development and Growth (Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi,Pemberdayaan Ekonomi, Usaha Kecil)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:15
Last Modified: 24 Nov 2023 06:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item