Developing Immersive Model Project Based Online Learning For Higher Education

Puspitasari, Susy and Kadarisma, and Mujiono, and Gafur, Abd. and Kristanto, Andi and Dewi, Utari (2023) Developing Immersive Model Project Based Online Learning For Higher Education. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir PDF.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Model Project Based Online Learning yang menyeluruh untuk pendidikan tinggi yang akan dikaji kelayakannya. Seperti diketahui bersama bahwa di era transformasi digital pembelajaran berbasis online memberikan berbagai kemudahan diantaranya adalah dapat diakses dimana saja dan kapan saja serta terjangkau. Oleh karena itu, setiap institusi pendidikan tinggi berlomba-lomba untuk mengembangkan dan mengimplementasikan model pembelajaran online yang sesuai dengan kebutuhan di institusi lembaga masing-masing, sedangkan pembelajaran berbasis project merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan untuk diimplementasikan di pendidikan tinggi, hal ini dilakukan berdasarkan beberapa hal yaitu: 1) dasar hukum pelaksanaan program pengembangan pembelajaran berbasis studi kasus dan proyek ini adalah peraturan Mendikbud Nomor 3, 4, 5, 6, 7 dan 22 tahun 2020; 2) Model pembelajaran yang menunjukkan kepada siswa masalah dunia nyata yang membutuhkan kombinasi keterampilan dan pengetahuan untuk dipecahkan; Dan 3) pembelajaran berbasis proyek dan studi kasus ini tidak hanya untuk pencapaian IKU 7, tetapi juga diharapkan dapat mewujudkan IKU 1 yaitu peningkatan kompetensi lulusan agar lulusan cepat mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang layak. Oleh karen itu perlu dikembangkan sebuah model Project Based Online Learning yang menyeluruh untuk pendidikan tinggi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Model tersebut terdiri dari lima tahapan Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu instrumen wawancara kepada ahli desain pembelajaran untuk memperoleh data tentang kelayakan produk pengembangan. Hal ini disesuaikan dengan variabel yang akan dikaji dalam penelitian ini. Setelah buku Model Project Based Online Learning (PBOL) For Higher Education diperbaiki sesuai review dari ahli model pembelajaran, maka buku Model Project Based Online Learning (PBOL) For Higher Educatioan dapat kriteria baik sekali dan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0005.pdf
Uncontrolled Keywords: developing, project based online learning, higher education
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.9 Geographic Treatment of Adult Education (Pendidikan untuk Orang Dewasa di Lokasi Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:59
Last Modified: 01 Feb 2024 03:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10589

Actions (login required)

View Item View Item