PANGAN ALTERNATIF dari Berbagai Komoditas Lokal di Indonesia

Ulfah, Mutiara and Sulistyawati, Eko Yuliastuti Endah and Hartari, Ariyanti and Suhardiyanto, Anang and Maulida, Iffana Dani and Hakiki, Dini Nur and Rismaya, Rina and Munarko, Hadi and Fauziyyah, Athiefah and Safira, Athila and Radiansyah, Mohamad Rajih and Susilo, Adhi (2023) PANGAN ALTERNATIF dari Berbagai Komoditas Lokal di Indonesia. Universitas Terbuka. ISBN 978-623-153-320-3

[img]
Preview
Text
24-BU0004.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan komoditas lokal sebagai sumber pangan saat ini mulai berkembang dengan aneka inovasi proses pengolahan, baik dengan cara tradisional hingga menggunakan teknologi modern. Namun, sosialisasi pengenalan sumber bahan pangan lokal kepada masyarakat masih perlu terus dilakukan. Dengan demikian, terdapat kesinambungan informasi dari generasi ke generasi yang didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui buku ini diharapkan dapat membantu menyebarluaskan informasi mengenai potensi dan pemanfaatan komoditas pangan lokal sebagai sumber pangan alternatif. Beberapa sumber pangan alternatif yang dibahas pada buku ini diantaranya adalah porang, ganyong, gembili, kentang hitam, alkesa, parijoto, labu kuning, bekatul, jangkrik, belalang, dan ulat sagu. Komoditas-komoditas ini hanya sebagian kecil dari sumber pangan alternatif yang ada di Indonesia. Masih banyak potensi komoditas lokal lainnya di Indonesia ini yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai sumber pangan alternatif di masa depan.

Item Type: Book
Additional Information (ID): 24/BU0004.pdf
Uncontrolled Keywords: Pangan alternatif, komoditas lokal, umbi-umbian, serangg
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 339.17 Agricultural Commodities, Agricultural Products (Komoditas Pertanian, Produksi Pertanian )
600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan)
Divisions: Koleksi Digital > Publikasi UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:28
Last Modified: 01 Feb 2024 03:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10593

Actions (login required)

View Item View Item