Desain Didaktis Tutorial Online Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Literasi Statistis Mahasiswa

Kartono, (2018) Desain Didaktis Tutorial Online Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Literasi Statistis Mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

[img]
Preview
Text
C24-C0001-cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C24-C0001-ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Secara umuum, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara komprehensif pengaruh aktivitas Tutorial Online (Tuton) yang menggunakan desain didaktis Tuton berbasis Technolog1cal Pedagogical Content Knowledge (AT-DDTO-TPACK). terhadap pencapaian dan pcningkatan kemandirian belajar (KB) serta literasi statistis (LS) mahasiswa. Analisis terhadap prngaruh tersebut mempertimbangkan Pengetahuan Awai Matematis (PAM) mahasiswa. Mctode penelitian 111i adalah kuasi eksperimen dengan non­eqwvalent control group design. Subjek penclitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 85 orang mahasiswa Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Terbuka (S2 Pendas PPs-UT) pada kelas eksperimen yang diberikan AT­DDTO-TPACK dan 85 orang mahasiswa S2 Pendas PPs-UT pada kelas kontrol yang diberikan aktivitas Tuton menggunakan desain konvensional (AT-DK). Sebelum digunakan dalam penelitian ini, inslrumen pengukuran KM dan LS diuji reliabilitas dan validitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkair (I) perbedaan aktivitas Tuton (A T-DDTO­TPACK dan AT-DK) memberikan pengaruh terhadap perbedaan pencapaian dan peningkatan KB mahasiswa, (2) perbedaan PAM mahasiswa (tinggi, sedang, rendah) belum dapat memberikan pengaruh terhadap perbcdaan pencapaian dan peningkatan KB mahasiswa, (3) perbedaan aktivitas Tuton dan PAM mahasiswa memberikan pengaruh interaksi terhadap perbedaan pencapaian dan penmgkatan KB mahasiswa, (4) perbedaan aktivitas Tuton memberikan pengaruh terhadap perbedaan pencapaian dan peningkatan LS mahasiswa, (5) perbedaan PAM mahasiswa mcmbcrikan pengaruh terhadap perbedaan pencapaian dan peningkatan LS mahasiswa, (6) pcrbedaan aktivitas Tuton dan PAM mahasiswa hanya dapat memberikan pengaruh interaksi terhadap perbedaan pencapaian dan peningkatan LS mahasiswa pada topik "Kurva Normal", "Uji Beda Rata-rata", dan "Analisis Yariansi'', (7) pencapaian dan peningkatan KB dan LS mahasiswa yang mengikuti AT-DDTO-TPACK lebih baik dibandmgkan pencapaian dan penmgkatan KB dan LS mahasiswa yang mengikuti AT-DK, (8) pencapaian dan peningkatan LS mahasiswa yang memiliki PAM tinggi lebih baik dari pencapaian dan pcningkatan LS mahasiswa yang memiliki PAM sedang dan PAM rendah. Berdasarkan hasil penelitian tcrsebut maka pemanfaatan AT-DDTO-TPACK akan membantu tutor Tuton dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang lebih baik dari dcsain yang digunakannya sebelumnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 24/C0001.pdf
Uncontrolled Keywords: didactical design. onlinc tutorial. technological pedagogical content,klllm ledge. self-regulated learning. statistical literacy,desain didaktis, tutorial onlme, technological pedagogical content knowledge,kemandirian belajar, literasi statistis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:40
Last Modified: 06 Feb 2024 07:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item View Item