Pengelolaan Perhutanan Sosial, Pengembangan Bertani Padi, Dan Koordinasi Kelembagaan Untuk Mendukung Swasembada Beras

Sudirah, and Ruswanto, Wawan (2023) Pengelolaan Perhutanan Sosial, Pengembangan Bertani Padi, Dan Koordinasi Kelembagaan Untuk Mendukung Swasembada Beras. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
LaPen23_Pengelolaan Perhutanan Sosial...T1_Sudirah_f2.pdf

Download (798kB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris tentu pembangunan pertanian dan pedesaan yang maju diupayakan terus secara berkelanjutan . Demikian pula Kabup aten Indramayu sebagai lumbung padi bagi Provinsi Jawa Barat terus berupaya mengembangkan pertanian bertani padi sawah di berbagai kawasan, termasuk kawasan Perhutanan Social Perhutani . Pada awal tahun 2000an sistem bertani padi di kawasan ini dikenal dengan sebutan bertani padi gogo (gogo ranca). Seiring dengan perkembangan ataupun kemajuan system bertani padi sawah, secara berangsur-angsur para petani di kawasan ini mulai mencoba mengembangkan system bertani padi sawah. Meskipun sarana dan prasarana untuk bertani padi sawah masih kurang mendukung. Kondisi faktual p e r hu t an an sosial Perhutani di Indramayu ini merupakan kajian yang menarik . Kajian dari perspektif sosiologi, dan penyuluhan pembangun an dilakukan di desa Sanca dan Mekarwaru,Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu , Jawa Barat , tahun 2023. Pada sekitar tahun 2000an kawasan Perhutani Sosial Perhutani ini merupakan kawasan marginal, lahan darat , system pengairan yang kritis,sehingga sulit untuk mengembangkan system bertani padi sawah yang baik, apalagi bertani padi sawah dengan intensifikasi pertanian masih sulit untuk dapat diwujudkan. Penelitian ini merupakan penelitian multi year 2 tahun. Ta hun pertama bertujuan ingin mengkaji tentang Pengelolaan Perhutanan Sosial, Pengembangan Bertani, dan Koordinasi Kelembagaan untuk Mendukung Swasembada Beras. Ta hun kedua bertujuan ingin mengkaji tentang Implementasi Pengelolaan Perhutanan Sosial dan Koordinasi Kelembagaan untuk Meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Desa di Kawasan Hutan Produksi Perhutani . Metode penelitian adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara terhadap sejumlah informan, dan fokus group discussion (FGD). Analisis data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan perhutanan merupakan upaya pemberdayaan masyarakat kawasan hutan dengan memanfaatkan lahan perhutani untuk pertanian, dengan memberikan hak garap sekitar 1 ha per keluarga petani masyarakat sekitar. Pengembangan pertanian terus diupayakan dari bertani padi gogo, bertani padi sawah, menuju intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian. Koordinasi kelembagaan dilakukan melalui penguatan tupoksi kelembagaan. Semua itu berkontribusi terhadap swasembada beras kab Indramayu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0019.pdf
Uncontrolled Keywords: perhutanan sosial,model bertani padi, swasembada beras .
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:27
Last Modified: 16 Feb 2024 03:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item View Item