Pengembangan Sikap Kerja pada Pembelajaran Daring dengan Pengukuran Langsung dan Tidak Langsung dan Refleksi Pembelajar

Afriani, and Hutabarat, Mervin Tanguar and Pannen, Paulina and Nirmala, Sri Dewi and Isfarudi, (2023) Pengembangan Sikap Kerja pada Pembelajaran Daring dengan Pengukuran Langsung dan Tidak Langsung dan Refleksi Pembelajar. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir Penelitian Soft Skill-2022 (6).pdf

Download (885kB) | Preview

Abstract

Riset sebelumnya, mengembangkan model pembelajaran yang mendukung sikap kerja (soft skill) dan pengembangan platform sistem elearning yang dapat merekam dan mengevaluasi variabel atau parameter aktivitas belajar mahasiswa secara daring yang ada kaitannya dengan penilaian soft skill tersebut. Kriteria soft skill yang dinilai terdiri dari motivasi dan positivity, responsibility, disiplin, kemampuan komunikasi, peduli, kreativitas dan inovasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil penilaian kemampuan soft skill mahasiswa pada kegiatan tutorial yang terdiri atas tutorial online (tuton) dan tutorial webinar (tuweb), serta hubungan kemampuan soft skill terhadap nilai tutorial pada Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Aspek soft skill yang dikembangkan adalah: 1) kemampuan kerjasama tim dalam tuton; 2) penilaian komunikasi lewat forum diskusi; 3) komunikasi oral dalam tuweb; dan 4) kepemimpinan dalam tuton dan tuweb. Penelitian dilakukan terhadap 99 mahasiswa Program Pascasarjana UT melalui tuton dan tuweb pada Mata Kuliah MPDR5300 dan MPMT5302. Instrumen penelitian berupa angket survei online menggunakan Microsoft Form. Analisis data menggunakan statistik deskriptif serta analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian: 1) kemampuan soft skill mahasiswa pada tuton dan tuweb rata-rata sudah berkembang sesuai harapan; 2) kemampuan kerjasama dalam tim, kemampuan komunikasi memiliki korelasi terhadap kehadiran, diskusi, tapi tidak memiliki korelasi terhadap tugas; kemampuan komunikasi oral dan kepemimpinan tidak memiliki korelasi terhadap diskusi dan tugas; dan 3) kemampuan kerjasama tim dan komunikasi memiliki kontribusi terbesar terhadap nilai tutorial dibanding kemampuan komunikasi oral dan kepemimpinan. Keterbatasan penelitian ini adalah tidak seimbang sampel penelitian antara kelas tuton dan kelas tuweb. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan dengan memperhatikan keseimbangan sampel antara kelas tuton dan tuweb. Selain itu, penelitian selanjutnya masih tetap mengembangkan kemampuan soft skill komunikasi dan kerjasama, namun dilakukan pada kegiatan tutorial online dan tutorial webinar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0022.pdf
Uncontrolled Keywords: soft skill, komunikasi, kerjasama, tutorial online, tutorial webinar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:48
Last Modified: 16 Feb 2024 03:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10620

Actions (login required)

View Item View Item