Laporan Penelitian “Pengembangan Sistem Monitoring UT Green University

Permana, Mirza and Wihadanto, Ake and Prastati, Trini and Heriani, and Firman, Antares and Andini, Laras Ayu and Putra, Mahdy Eka (2023) Laporan Penelitian “Pengembangan Sistem Monitoring UT Green University. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian Pengembangan Sistem Monitoring UT Green University-1 (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Green campus dilatarbelakangi oleh lingkungan kampus yang diharapkan menjadi tempat yang nyaman, bersih, teduh, indah, dan sehat untuk menimba ilmu pengetahuan, serta penggunaan sumber daya yang efisien. Sejak 2010 Universitas Terbuka (UT) telah menyadari pentingnya untuk ikut andil dalam mengatasi permasalahan lingkungan dengan mencanangkan slogan UT Go Green. Kebutuhan informasi secara realtime dan on-line saat ini diperlukan untuk melakukan tindakan cepat dan tepat sesuai kebutuhan dalam menentukan keputusan penting dan strategis. Pengambilan keputusan berdasarkan data menjadi hal yang sangat penting bagi UT di era digital ini. Keberadaan Sistem Monitoring UT Green University diperlukan untuk menjamin tingkat akurasi data dan kondisi yang sebenarnya, sehingga memberikan kemudahan bagi para pimpinan universitas untuk menetapkan kebijakan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan prototyping. Metode prototype merupakan pengembangan yang cepat dan pengujian terhadap model kerja (prototype) dari aplikasi baru melalui proses interaksi dan berulang-ulang yang biasa digunakan oleh ahli sistem informasi dan ahli bisnis. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Observasi dilakukan di Kantor UT Pusat dengan melakukan pengamatan pada setiap atribut yang ada pada UI Green Metric. Pengembangan sistem monitoring UTGU tertuang dalam 3 tahapan berjalan. Tahap pertama, perumusan Universitas Terbuka sebagai Green Campus yang termuat dalam Rencana Strategis UTGU 2022-2025. Tahap kedua, identifikasi dan invetarisasi kebutuhan data UTGU yang terdiri dari 6 kriteria dan indikator. Desain sistem mulai dikembangkan sebagai pondasi pembentukan prototipe sistem monitoring UT Green University pada tahun ketiga berjalan. Penelitian yang diusulkan ini memiliki keterkaitan erat dengan Rencana Induk Penelitian Universitas Terbuka Tahun 2021 – 2025 pada isu strategis Pengembangan infrastruktur, sistem dan platform untuk mendukung penyelenggaraan PJJ.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: Green Campuss, Sistem monitoring , UTGU
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363.7 Enviromental Problems (Permasalahan Lingkungan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:39
Last Modified: 16 Feb 2024 04:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10622

Actions (login required)

View Item View Item