RANCANG BANGUN ROBOT PENDETEKSI HAMA DI LAHAN PERTANIAN MENGGUNAKAN PENGKLASIFIKASI FUZZY REAL TIME

Patria, Lintang and Sambas, Aceng (2023) RANCANG BANGUN ROBOT PENDETEKSI HAMA DI LAHAN PERTANIAN MENGGUNAKAN PENGKLASIFIKASI FUZZY REAL TIME. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian Rancang Bangun Robot dan Halaman Pengesahan-1.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pada tahun sebelumnya, kami telah berhasil membuat sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi gulma pada tanaman wortel menggunakan analisis pencitraan menggunakan perangkat kamera dan Arduino. Arduino mengambil gambar lapangan dari kamera yang terhubung melalui koneksi USB dan dikirim ke server IoT. Metode yang digunakan dalam analisis adalah dengan menggabungkan metode proyeksi vertikal dan metode pemindaian linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kami buat sangat efektif dalam mendeteksi tepi tanaman wortel. Namun, pendeteksi gulma ini hanya terbatas pada objek yang terdeteksi oleh kamera saja, tidak menjangkau semua wilayah pertanian. Sehingga, penyempurnaan perlu dilakukan dengan menambahkan robot sebagai media survey wilayah pertanian. Deteksi hama otomatis menjadi tugas penting untuk mengurangi kegagalan panen dan efisiensi proses pertanian. Pendeteksian gulma dengan model robotik menggunakan sistem kendali berbasis Arduino Uno ditempatkan pada robot yang bergerak. Prototipe robot pendeteksi hama dirancang dan dikembangkan menggunakan Raspberry Pi pengendali mikro dan subsistem keluaran masukan yang sesuai seperti kamera, sumber cahaya kecil dan motor dengan sistem tenaga. Hasil riset ini diharapkan dapat bermanfaat untuk ketahanan pangan dan akan dipublikasikan pada jurnal Engineering Letter. Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) penelitian ini adalah demonstrasi model atau prototipe sistem vision dalam ruang lingkup pertanian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0024.PDF
Uncontrolled Keywords: rancang bangun robot, pendeteksi gulma
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 005.5 General Purpose Application Programs (Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Feb 2024 09:34
Last Modified: 19 Feb 2024 02:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10624

Actions (login required)

View Item View Item