Pelestarian Mangrove dalam Upaya Pencegahan Abrasi Pesisir Tanjung Palas Utara

Rahmaddian, and Priyana, Efraim Bavo and Tanaya, Ariya Wirdha and Rahayu, Putri and Riska, and Aziza, Arzaki Ayarwati Fatwa and Endah Firdiantidiningrum, and Mai Tori Maya Lesta, (2024) Pelestarian Mangrove dalam Upaya Pencegahan Abrasi Pesisir Tanjung Palas Utara. Project Report. Universitas Terbuka, Tarakan.

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR PKM 2023 MANGROVE.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Penyusutan garis pantai yang diakibatkan oleh abrasi pada wilayah pesisir Tanjung Palas Utara perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pemangku kebijakan, masyarakat, serta akademisi. Kegiatan restorasi pesisir wilayah tersebut dilakukan dengan langkah konkret oleh tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka Tarakan dengan melakukan aksi penanaman mangrove sebagai cikal bakal barrier daratan dengan arus laut. Mangrove yang rapat akan menciptakan suatu ekosistem baru, serta sumber ekonomi baru untuk Masyarakat. Kegiatan restorasi pesisir ini diawali oleh sosialisasi bahaya abrasi dan pentingnya kelestarian mangrove bagi Masyarakat Tanjung Palas Utara, kemudian dieksekusi dengan gerakan penanaman bibit mangrove yang melibatkan seluruh lapisan Masyarakat Tanjung Palas Utara.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0026.pdf
Uncontrolled Keywords: Abrasi, Restorasi, Pesisir, Mangrove
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363.7 Enviromental Problems (Permasalahan Lingkungan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:41
Last Modified: 22 Feb 2024 05:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10625

Actions (login required)

View Item View Item