Engaging Learners Online: Use Interaction Gamification To Increase The Quality Of Learning, Independent, Interactive, And Fun On Ice-I Institute Online Course : Laporan Hibah Penelitian Kolaborasi Pusat Riset Dan Inovasi Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh LPPM – Universitas Terbuka 2021

Ramdhani, Sendi and H, Nurhikmah and Susilana, Rudi and Kristanto, Andi and Dewi, Laksmi and Rejekiningsih, Triana (2023) Engaging Learners Online: Use Interaction Gamification To Increase The Quality Of Learning, Independent, Interactive, And Fun On Ice-I Institute Online Course : Laporan Hibah Penelitian Kolaborasi Pusat Riset Dan Inovasi Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh LPPM – Universitas Terbuka 2021. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir Penelitian Gamification-ICE-APS-TPI Tahun ke-2.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan membahas engaging learners online: use interaction gamification. Agar tidak terjadi learning loss dalam pembelajaran online maka diperlukan desain pem-belajaran yang dapat melibatkan pebelajar secara aktif dalam online learning, dengan memperhatikan kualitas, kemandirian dan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu yang dapat dikembangkan adalah pembelajaran interaktif gamification. Penelitian ini akan memfokuskan pada 3 hal, sebagai berikut: 1) Mengidentifikasi kesiapan mahasiswa dan dosen dalam mengikuti pembelajaran online dalam lingkungan MOOCs ICE-Insti-tute; 2) Mengembangkan gamifikasi interaktif dan menyenangkan dalam pembelajaran online ICE-Institute untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa; dan 3) Men-gukur kelayakan dan keefektifan hasil pengembangan gamifikasi dalam pembelajaran online dalam lingkungan ICE-Institute. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian yang Research and Development (R&D) sementara kontennya di fokuskan pada mata kuliah Keguruan sebagai mata kuliah yang wajib diprogramkan mahasiswa kependidikan. Adapun prosedur pengembangannya adalah analisis, desain (rancangan gamefication dan MOOCs), pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengembangan dapat digunakan dalam mengatasi masalah yang terjadi dalam pembelajaran online salah satunya kekhawatiran akan terjadinya learning loss.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0028.pdf
Uncontrolled Keywords: Engaging Learners Online, Gamification
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:46
Last Modified: 22 Feb 2024 05:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10628

Actions (login required)

View Item View Item