Analisis Kebutuhan Bahan Pengembangan Instrumen Tes Membaca Pada Pemelajar BIPA Di Bali : Laporan Penelitian Skema Kompetitif Penelitian Dasar Kategori Penelitian Keilmuan

Maulina, Murni and Hadianti, Siti (2023) Analisis Kebutuhan Bahan Pengembangan Instrumen Tes Membaca Pada Pemelajar BIPA Di Bali : Laporan Penelitian Skema Kompetitif Penelitian Dasar Kategori Penelitian Keilmuan. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian BIPA 2023_Murni Maulina.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tingginya minat mempelajari Bahasa Indonesia pada penutur asing saat ini semakin meningkat. Hal tersebut salah satunya didorong oleh aspek pariwisata yang semakin berkembang pesat di Indonesia. Pemelajar BIPA datang dengan berbagai tujuan yang bervariasi, salah satunya adalah tujuan komunikasi. Pemelajar BIPA dengan tujuan komunikasi misalnya banyak ditemukan di daerah pariwisata seperti di Bali atau Lombok di Indonesia. Penelitian ini bertujuan memaparkan profil kebutuhan materi, bahan, dan kompetensi yang diperlukan dalam pengembangan instrumen tes membaca bagi pemelajar BIPA di Bali dengan tujuan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara langsung dan menyebarkan kuesioner pada pengajar dan pemelajar BIPA di dua lembaga penyelenggara BIPA yang ada di Bali. Desain penelitian ini yaitu kualitatif dengan mendeskripsikan data hasil penelitian. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkan sebuah pengembangan teks bacaan sebagai bahan evaluasi yang diharapkan dapat digunakan dalam kegiatan evaluasi keterampilan membaca pemelajar BIPA dengan tujuan komunikasi. Muatan nilai budaya Indonesia secara utama dipilih oleh pemelajar BIPA dapat diintegrasikan maupun ditambahkan dalam bentuk paparan yang tersturktur sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan budaya pemelajar BIPA. Berbagai macam bentuk teks, khususnya pesan singkat yang faktual diharapkan mampu menjadi inovasi dalam penyusunan teks bacaan sebagai bahan evaluasi. Ilustrasi bermuatan kebudayaan juga dapat digunakan sebagai pendukung teks. Penelitian ini merupakan studi pendahuluan untuk proses penelitian yang selanjutnya. Oleh karena itu, penelitian ini masih harus dilanjutkan dengan implementasi penyusunan atau pembuatan teks bacaan sebagai bahan evaluasi pemelajar BIPA dengan tujuan komunikasi. Setelah prototipe bahan bacaan sebagai instrumen tes membaca bagi pemelajar BIPA telah terbentuk, selanjutnya terdapat tahapan penilaian pakar, dan uji coba terbatas. Pada akhirnya, instrumen tes membaca ini kemudian dapat disebarluaskan secara masif untuk mendukung program BIPA di berbagai lembaga, baik di dalam maupun di luar negeri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0025.pdf
Uncontrolled Keywords: Bali, BIPA, komunikasi, membaca
Subjects: 400 Language > 410-419 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Feb 2024 05:02
Last Modified: 22 Feb 2024 05:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10629

Actions (login required)

View Item View Item