Sustainabilitas UMKM Terdampak Degradasi Lingkungan Akibat Pembangunan Infrastruktur: Analisis Baseline Pada Profitabilitas dan Insolvensi

Wibowo, Martino and Rekarti, Endi and Mubarok, Faizul and Sudjana, Krisna Sustainabilitas UMKM Terdampak Degradasi Lingkungan Akibat Pembangunan Infrastruktur: Analisis Baseline Pada Profitabilitas dan Insolvensi. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian Infra_jpeg.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dampak ekonomi bagi pelaku usaha akibat pembangunan jalan tol tentu sangat dirasakan. Jalan toll Kota Pekanbaru-Kampar dan Kota Dumai-Pekanbaru merupakan suatu pembangunan infrastruktur yang dilakukan bertujuan untuk memperlancar jarak tempuh yang lebih dekat. Selain itu juga jalan tol ini dapat mempermudah pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi. Selain itu jalan tol kedua kota tersebut juga dapat berpengaruh terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM). Disisi lain, pembangunan jalan tol juga dapat berdampak relatif buruk terhadap kondisi ekonomi dan lingkungan, salah satu dampak dari adanya pembangunan jalan tol adalah penduduk yang pendapatannya menurun setelah pembebasan lahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi profil dan pemetaan pelaku dalam pengembangan potensi setiap unit UMKM serta melihat bagaimana dampak dari adanya pembangunan infrastruktur Kota Kampar, Pekanbaru dan Dumai, sebelum mengarah pada riset tentang dampak pembangunan infrastruktur di kota-kota tersebut terhadap UMKM akibat memburuknya kondisi lingkungan. Adapun teknik analisis data dari penelitian ini adalah berupa analisis dampak Environment Cost/Benefit, analisis regresi data panel sederhana dan analisis dampak menggunakan Environment Impact Analysis (EIA) berdasarkan penelitian (1) dan analisis kualitatif menggunakan triangulasi. Selain itu, identifikasi profil dan pemetaan pelaku UMKM juga dilakukan sebagai langkah awal identifikasi wilayah. Penelitian ini memiliki urgensi memberikan pandangan dan masukan bagi stakeholder dalam menentukan kebijakan serta upaya pengembangan UMKM dengan adanya keberadaan pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0031.pdf
Uncontrolled Keywords: Sustainabilitas UMKM, Lingkungan, Infrastruktur, Profitabilitas dan Insolvensi
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9 Economic Development and Growth (Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi,Pemberdayaan Ekonomi, Usaha Kecil)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Feb 2024 01:49
Last Modified: 22 Feb 2024 05:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10633

Actions (login required)

View Item View Item