Value Chain Analysis: Survei Pada Model Bisnis dan Keuangan UKM Pengolahan Ikan Segar

Wibowo, Martino and Khurniawan, Arie Wibowo and Rekarti, Endi and Patiro, Shine Pintor Siolemba and Anwar, Kasful and Mubarok, Faizul (2023) Value Chain Analysis: Survei Pada Model Bisnis dan Keuangan UKM Pengolahan Ikan Segar. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Akhir Value Chain_jpg.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan: Studi ini menganalisis rantai nilai pada usaha perikanan laut kecil dan menengah di beberapa provinsi di Indonesia (Jakarta, Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat). Ini mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam rantai pasokan, khususnya mengenai akses sumber daya, regulasi, transportasi, dan dampak keuangan. Metodologi: Penelitian ini menggunakan analisis rantai nilai yang komprehensif, menggunakan pendekatan Business Model Canvas. Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui wawancara dan sumber data eksternal. Elemen kunci dari model bisnis, termasuk segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, kegiatan utama, kemitraan utama, dan struktur biaya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0033.pdf
Uncontrolled Keywords: Value Chain, Perikanan, Keuangan, Bisnis UMKM
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9 Economic Development and Growth (Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi,Pemberdayaan Ekonomi, Usaha Kecil)
600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 639.2 Commercial Fishing, Fishery (Penangkapan Ikan untuk Tujuan Komersial, Perikanan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:13
Last Modified: 22 Feb 2024 05:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item