Kontribusi sektor bisnis terhadap ekonomi biru-hijau melalui pengelolaan limbah secara sirkuler di wilayah pesisir

Harsasi, Meirani and Nohong, Mursalim and Muharja, Fajri and Wibowo, Martino (2023) Kontribusi sektor bisnis terhadap ekonomi biru-hijau melalui pengelolaan limbah secara sirkuler di wilayah pesisir. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian RKI_jpg.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari studi berbasis Komunitas Bisnis tentang pengelolaan limbah ini adalah untuk memeriksa bagaimana praktik ekonomi biru-hijau lokal berhasil mengatasi permasalahan hubungan antara lingkungan bisnis-kesadaran masyarakat-lingkungan-keberlanjutan di wilayah pesisir di Indonesia, untuk mengembangkan kajian terdahulu yang dilakukan oleh (Chen et al., 2020) tentang nexus lingkungan dan sustainabilitas. Perlu diketahui bahwa ekonomi biru adalah integrasi pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan hijau, yang menyoroti perencanaan dan pembangunan yang terkoordinasi secara keseluruhan (ADB, 2022). Konsep triple bottom line dapat dimanfaatkan secara regional oleh masyarakat untuk mendorong pertumbuhan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan (Chen et al., 2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana bisnis dapat berkontribusi pada pengembangan model ekonomi biru-hijau yang mendorong pertumbuhan berkelanjutan sambil mengatasi masalah lingkungan dan sosial. Kebaruan dari penelitian ini adalah menemukan area/sektor produk utama yang berkontribusi/mendukung ekonomi biru-hijau di pesisir Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat-Banten, Sumatera Barat dan Sulawesi Selatan serta mengetahui kesadaran masyarakat dan entitas bisnis di wilayah pesisir terhadap pengelolaan sampah untuk mendukung sistem tersebut. Dimana kedepannya hal ini akan mendukung optimalisasi/minimalisasi pengelolaan sampah, dan memberikan nilai tambah ekonomi bagi pelaku usaha di wilayah pesisir Indonesia. Metode yang digunakan adalah kerangka kerja input-output (I-O) yang diperluas secara lingkungan di mana sebanyak mungkin estimasi ini disertakan, yang memungkinkan estimasi dampak lingkungan dan biaya eksternal dari berbagai kegiatan sektor ekonomi, kegiatan ekonomi/ bisnis, dan konsumsi sumber daya di wilayah pesisir. Dari penelitian tersebut, akan diidentifikasi kontribusi bisnis, dalam hal ini bisnis biru-hijau yang mendukung keberlanjutan melalui pengelolaan limbah bisnis di wilayah pesisir. Zero waste atau bebas sampah adalah sebuah konsep yang mengajak masyarakat untuk menggunakan produk sekali pakai dengan lebih bijak untuk mengurangi jumlah dan dampak buruk dari sampah. Tujuannya adalah agar sampah tidak berakhir di TPA, menjaga sumber daya dan melestarikan alam. Metode zero waste adalah 5R, yaitu Refuse (menolak), Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang) dan Rot (membusukkan sampah). Karena keterbatasan waktu penelitian, ada satu locus riset yang belum terinvestigasi yakni wilayah di Jawa Barat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24G0032.pdf
Uncontrolled Keywords: ekonomi biru-hijau, pengelolaan limbah, wilayahpesisir
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9 Economic Development and Growth (Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi,Pemberdayaan Ekonomi, Usaha Kecil)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363.7 Enviromental Problems (Permasalahan Lingkungan)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363.73 Pollution (Masalah Pencemaran Lingkungan, Polusi )
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:24
Last Modified: 22 Feb 2024 05:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item