Pengetahuan Multidisiplin sebagai Landasan Pembelajaran Teori Musik di Perguruan Tinggi.

Hartono, Rachmad Pudjo and Rachmi, Tetty Pengetahuan Multidisiplin sebagai Landasan Pembelajaran Teori Musik di Perguruan Tinggi. Project Report. Universitas Pendidikan Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
24-G0037.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian kepustakaan ini mengkaji tentang perlunya pembelajaran Teori Dasar Musik dan Teori Musik Tonal dikembangkan secara multi-disiplin (sejarah, semiotika, fisika, dan matematika), agar mahasiswa Jurusan Seni Musik memperoleh pengetahuan yang komprehensif dan setingkat lebih tinggi dari siswa sekolah menengah atas. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Melalui telaah literatur, ditemukan adanya hubungan yang sangat kuat antara notasi musik dengan ilmu fisika, matematika. Simbol-simbol musik merepre-setasikan fenomena-fenomena fisika dan matematika, seperti simbol not berdasarkan sumbu vertikal menunjukan identitas nada; sedang-kan not pada sumbu horizontal menunjukkan posisi relatif dalam bing-kai ritmiknya yang berkembang dengan simbol-simbol dalam struktur irama, dan melodi yang sangat kompleks. Pada kajian fisika bunyi ter-dapat 3 parameter yang terkait dengan penotasian musik dan matema-tika. Selain itu resonansi menghasilkan struktur overtone series dan timbre. Pada kajian matematika, berdasarkan tetractys dari Pythagoras kemudian dikembangkan struktur overtone series.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0037.pdf
Uncontrolled Keywords: fenomena fisika, sejarah, semiotika, overtunes tetractys
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport > 780-789 Music (Seni Musik)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:50
Last Modified: 22 Feb 2024 04:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10637

Actions (login required)

View Item View Item