Rekayasa Sistem Pemilu untuk Meningkatkan Kualitas Representasi Politik di Indonesia

Basista, Ronny and Hidayat, Anto (2023) Rekayasa Sistem Pemilu untuk Meningkatkan Kualitas Representasi Politik di Indonesia. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian 2023+.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem Pemilihan Umum (Pemilu) Keterwakilan Berimbang (Proportional Representation) yang diadopsi di Indonesia, di satu sisi berhasil menciptakan pemerintahan yang relatif stabil namun di sisi lain telah menimbulkan berbagai dampak negatif. Dampak yang paling nyata dilhat dan dirasakan adalah maraknya politik uang saat kampanye pemilu dan persaingan tidak sehat antar caleg sesama partai yang mengakibatkan kohesivitas partai menjadi lemah seiring munculnya caleg-caleg yang lebih mengandalkan popularitas. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah bersama DPR untuk mencari format sistem pemilu yang mampu mengentaskan persoalan ini, namun perubahan undang-undang pemilu yang dilakukan hampir setiap menjelang pemilu tidak menunjukkan perbaikan. Oleh karena itu, penelitian ini menawarkan sistem alternatif yang diadopsi sejumlah negara yang mengalami permasalahan yang hampir serupa dengan Indonesia. Meskipun demikian, dinamika politik, kondisi geografis, demografi dan sejumlah faktor lainnya bisa berbeda dengan negara-negara lain. Dengan demikian, metode yang digunakan akan mensimulasikan berbagai electoral mechanics dengan fakta-fakta tersebut di atas. Penelitian ini diharapkan mampu mengidentifikasi akar masalah dari sistem pemilu yang digunakan dan menawarkan sistem pemilu alternatif (Sistem Campuran) dalam rangka meminimalisir dampak negatif dan di saat bersamaan mampu menghadirkan representasi yang berkualitas dari sistem pemilu yang diadopsi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0038.pdf
Uncontrolled Keywords: Rekayasa Sistem Pemilu, Representasi Politik, Kualitas Pemilu
Subjects: 300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 324.6 Election System (Pemilihan Umum, Pemilu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:59
Last Modified: 22 Feb 2024 08:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item