PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN GLOBAL DALAM KONTEKS ANTAR BUDAYA

Pujiastuti, Sri Lestari (2023) PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN GLOBAL DALAM KONTEKS ANTAR BUDAYA. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Wacana kepemimpinan pendidikan yang mapan telah didominasi oleh perspektif Anglo-Amerika yang mengabaikan keanekaragaman budaya yang menjadi ciri dunia kontemporer. Ini sering memiliki nilai-nilai monokultural, dimana arus utama yang berarti kelompok-kelompok pribumi dan etnis telah menderita keterasingan, pengucilan dan kerugian. Intervensi pendidikan yang dipimpin Barat di negara-negara berkembang juga sering gagal untuk mengakui tradisi budaya yang kaya dari masyarakat penerima dan teori-teori dan praktik jarang diteliti dengan cermat untuk "kecocokan budaya". Tujuan dari makalah ini adalah untuk membangun teori kepemimpinan dalam konteks antar budaya. Penelitian ini mengulas bagaimana asumsi monokultural dari budaya kepemimpinan kolonial dan nasional di masa lalu sering tidak sesuai untuk beragam populasi yang ingin mereka layani. Era global telah menyaksikan munculnya teori lintas budaya dan paradigma penelitian untuk memerangi kebutaan budaya dan mengembangkan kepekaan budaya. Sambil memuji perkembangan ini, asumsi epistemologis yang mendasari penelitian tersebut dipertanyakan. Sebuah kasus untuk teori yang lebih bernuansa, yang mengakui interaksi kompleks antara agen dari budaya yang berbeda, dikembangkan. Penelitian lintas budaya telah menghasilkan peta teritorial yang mempromosikan wawasan dan saling pengertian. Namun, itu bergantung pada stereotip esensialis yang menutupi keberadaan sub-budaya yang kompleks dan kekuatan perubahan yang dinamis dalam budaya nasional.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 24/B0003.pdf
Uncontrolled Keywords: model kepemimpinan, global, antar budaya
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306.4 Specific Aspect of Culture (Aspek Spesifik tentang Budaya dan Kebudayaan)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:21
Last Modified: 25 Mar 2024 07:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item