Pengaruh E-Filing Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pelaporan SPT Tahunan (Studi Kasus Wajib Pajak KPP Pratama Jombang)

Nugraha, Oky Mukti and Agusalim, Muhammad Pengaruh E-Filing Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pelaporan SPT Tahunan (Studi Kasus Wajib Pajak KPP Pratama Jombang). -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel_Karil_Mahasiswa UT_Oky Mukti Nugraha_Muhammad Agusalim.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Perpajakan merupakan sumber pendapatan/penerimaan negara terbesar dalam struktur APBN. Peran Pajak dalam pembangunan negara sangatlah penting. Perkembangan teknologi informasi dalam administrasi pajak, khususnya fasilitas E-filing menjadi komponen utama dalam proses pelaporan SPT Tahunan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengevaluasi dampak penggunaan E-filing pada tingkat kepatuhan penyampaian laporan pajak, khususnya Wajib Pajak yang diadministrasika di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jombang. Studi ini mengajukan pertanyaan mendasar mengenai dampak positif penggunaan layanan E-filing pada kepatuhan penyampaikan SPT Tahunan. Selain itu, penelitian yang dilakukan peneliti ditujukan untuk mengeksplorasi perbedaan karakteristik wajib pajak, seperti jenis usaha, yang mungkin memengaruhi tingkat kepatuhan dalam menggunakan E-filing. Penelitian ini juga melakukan perbandingan tingkat kepatuhan antara wajib pajak yang menyampaikan pelaporan pajak secara e- filing dan yang menyampaikan pelaporan pajak secara manual Metode analisis yang diterapkan yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Metode ini memberikan penjelasan pelengkap dikarenakan belum bisa dijelaskan lebih luas dalam bentuk angka dan tabel yang menjelasan kembali apa yang diperoleh di lapangan dalam bentuk paparan non-statistik dalam bentuk deskriptif saja. Hasil penelitian tentang E-filing dan kepatuhan penyampaian pelaporan pajak oleh wajib pajak, memberikan landasan untuk pengembangan kebijakan perpajakan yang lebih efektif dan dapat memberikan masukan berharga bagi KPP Pratama Jombang dalam rangka penyusunan kebijakan guna meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 24/B0004.pdf
Uncontrolled Keywords: e-filing, Tax Compliance, Tax Reporting, the Annual Tax Return., Kepatuhan Pajak, Pelaporan Pajak, SPT Tahunan
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.2 Taxes and Taxation (Pajak dan Perpajakan)
300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.24 Income Taxes (Pajak Pendapatan, Pajak Penghasilan)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:55
Last Modified: 25 Mar 2024 07:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10653

Actions (login required)

View Item View Item