Pemanfaatan Teori Dan Teknik Optimasi Untuk Membantu Pengambilan Keputusan Bisnis

Silalahi, Wise Rogate and Frans, Yudith Alexanderina and Malle, Noveni Marlina (2023) Pemanfaatan Teori Dan Teknik Optimasi Untuk Membantu Pengambilan Keputusan Bisnis. In: Seminar Kemahasiswaan UT Daerah Kupang, 30 November 2024, UT Daerah Kupang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Edit Artikel Wise, Yudith, Noveni_Pemnafaatan Teori dan Teknik Optimasi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia pada tahun 2023 adalah baik, meskipun terdapat penurunan di Kuartal III Tahun 2023. Adanya penurunan di Kuartal III, menunjukkan bahwa dinamika kondisi keuangan itu bisa berfluktuasi, dan oleh karena itu penting untuk terus menjaga agar perusahaan tetap berupaya agar aktifitas yang dilakukan mengarah ke bagaimana meningkatkan nilai perusahaan sesaui dengan tujuan [erusahaan. Tingginya tingkat persaingan saat ini, dinamika faktor internal maupun eksternal, banyaknya kebutuhan, dan keterbatasan sumber daya, membuat perusahaan harus jeli dalam mengambil langkah, menentukan pilihan, dan mengambil keputusan, agar pengelolaan yang dilakukan dapat membawa perusahaan pada kondisi yang menguntungkan. Pengambilan langkah dalam hal ini adalah pengambilan keputusan bisnis, yaitu memilih dari berbagai alternatif yang ada. Ada berbagai teknik pengambilan keputusan bisnis, di antaranya adalah pohon keputusan, program liniear, analysis hierarchy process, dan teori dan teknik optimasi. Salah satu yang akan dianalisis adalah bagaimana efektifitas dan efisiensi dari pemanfaatan teori dan teknik optimasi untuk membantu pengambilan keputusan bisnis. Penelitian ini menggunakan studi literatur, yaitu berdasarkan teori dan konsep tentang teori dan teknik optimasi, hasil-hasil penelitian terdahulu, penyataan para ahli, yang dianalisis dan disintetis oleh peneliti, untuk melihat dampak pemanfaatan teori optimasi untuk pengambilan keputusan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teori dan teknik optimasi dapat membantu perusahaan dalam membantu pengambilan keputusan bisnis. Disarankan agar organisasi lain dapat memanfaatkan teori dan teknik optimasi untuk membantu pengambilan keputusan bisnis

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 24/S0001.pdf
Uncontrolled Keywords: Teori Teknik Optimasi, Pengambilan Keputusan, Bisnis
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4036 Decision Making Management (Manajemen Pengambilan Keputusan)
Divisions: Koleksi Digital > Webinar UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 Mar 2024 08:18
Last Modified: 25 Mar 2024 06:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item View Item