Klasifikasi Keberhasilan Mahasiswa Universitas Terbuka dan Faktor-Faktor Determinasinya

Santoso, Agus and Pardede, Timbul and Rahayu, Dyah Paminta (2023) Klasifikasi Keberhasilan Mahasiswa Universitas Terbuka dan Faktor-Faktor Determinasinya. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
24-G0040.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa Universitas Terbuka yaitu belajar mandiri, dan dari berbagai referensi pendukung yang tersedia. Hal seperti ini tentu saja dapat mempengaruhi keberhasilan studinya. Sebagai pengelola Universitas Terbuka yang memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa dan masyarakat luas sebagai pelanggan, umpan balik untuk perbaikan layanan di masa depan dengan mengklasifikasikan mahasiswa dan mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melakukan prediksi keberhasilan mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya melalui klasterisasi yang dieksplorasi dan pengelompokan yang ditentukan dari awal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif kuantitatif korelasional. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Ada dua jenis data yang digunakan, artikel jurnal dan dokumentasi. Artikel jurnal diunduh dengan software Publish or Perish dengan data base di Scopus 10 tahun terakhir. Data dokumenter yang dikumpulkan merupakan data mahasiswa yang lulus sejak 2017 sampai dengan 2022 yang meliputi indeks prestasi kumulatif (IPK), masa studi, lama bimbingan tugas akhir, jenis kelamin, status pekerjaan, dan lain-lain yang merupakan data dokumentasi yang diisikan mahasiswa ketika mendaftar kuliah atau registrasi awal. Data dibersihkan dan dikodekan terlebih dahulu, kemudian dianalisis. Analisis data dilakukan dengan bibliometri dan machine learning untuk prediksi. Hasil bibliometric menunjukkan bahwa berupa pembahasan terkait dengan informasi rata-rata sitasi tiap tahun sepuluh most relevant sources, authors, dan afiliasi, ten most cited documents,keywords (most frequent words, treemap, wordcloud, dan trend topics), co-occurrence network (thematic map dan thematic evolution), dan social structure (collaboration network dan collaboration world map), dan pembahasan topik terkait dengan faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Tren terkini terkait penelitian tentang faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa menunjukkan bahwa gender dan self-efficacy merupakan motor themes yang berpotensi untuk diteliti lebih lanjut, sedangkan higher education, covid-19, dan factors merupakan kata-kata kunci yang menjadi basic themes. Sementara itu, dari data mining diperoleh bahwa Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) model prediksi menggunakan algoritma RF dan NN memiliki akurasi kalsifikasi dan nilai AUC tertinggi (CA: 76% dan AUC: 79%) dibanding model lainnya seperti LR, NB, dan kNN dalam memprediksi status studi mahasiswa; dan (2) variabel terpenting dalam memprediksi status studi mahasiswa bersama dengan enam varibel penting lainnya adalah nilai GPA mahasiswa

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 24/G0040.pdf
Uncontrolled Keywords: bibliometric, faktor yang mempengaruhi keberhasilan mahasiswa, educational data mining, machine learning, status studi mahasiswa, Universitas Terbuka
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:08
Last Modified: 25 Mar 2024 04:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10655

Actions (login required)

View Item View Item