Sikap Keberterimaan Bendahara atas Permendagri Nomor 55 Tahun 2008 tentang Perbendaharaan bagi Bendahara Pemerintah (kasus di Tangerang Selatan)

Hadiwidjaja, Rini Dwiyani and Hendrian, (2011) Sikap Keberterimaan Bendahara atas Permendagri Nomor 55 Tahun 2008 tentang Perbendaharaan bagi Bendahara Pemerintah (kasus di Tangerang Selatan). Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
12-81994.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Menteri Dalam Negeri pada tahun 2008 mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 55 Tahun 2008 tentang Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan laporan pertanggungjawaban bendahara serta penyampaiannya. Sikap bendahara dalam mengimplementasikan Permendagri ini merupakan hal yang penting, karena sikap menerima dan mau bekerja keras dalam memahami keputusan ini akan menghasilkan laporan yang yang wajar, akuntabel dan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang sikap keberterimaan bendahara dalam pengimplementasian Permendagri Nomor 55 Tahun 2008, yang diharapkan mempengaruhi keberhasilan pemerintah dalam rangka tertib administrasi dan akuntabilitas pelaksanaan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah purpossive sampling method, sampel penelitian ini berjumlah 56 Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran yang bertugas di Kota Tangerang Selatan. Pengumpulan data diperoleh dari kuesioner dan wawancara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap keberterimaan Bendahara atas Permendagri Nomor 55 Tahun 2008 yaitu menerima dengan baik dan positif dan peraturan baru ini menjadi sebagai tantangan yang dapat meningkatkan tanggungjawab, komitmen terhadap pekerjaan untuk suatu kemajuan bagi instansi. Berdasarkan hasil olah data menunjukkan bahwa variabel yang memiliki nilai rata­rata (mean) tertinggi dan menjadi variabel dominan akan sikap keberterimaan bendahara adalah perubahan sebagai tantangan (3.71 ). Sebagian besar Bendahara sudah mengetahui adanya Permendagri Nomor. 55 Tahun 2008, namun kegiatan sosialisasi atau pelatihan mengenai Permendagri Nomor. 55 Tahun 2008 ini belum sepenuhnya diterima oleh para bendahara merasa tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan Permendagri tersebut dimungkinkan adanya informasi informal dari atasan ataupun teman sejawat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 12/81994.pdf
Uncontrolled Keywords: Treasurer of Income and Expenditure Treasurer, accounting principles,the attitude of acceptance
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.4 Financial of Public Administration (Anggaran Administrasi Negara)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.48 Budgeting of Public Administration (Anggaran Administrasi Negara)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:45
Last Modified: 27 Mar 2024 07:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10659

Actions (login required)

View Item View Item