Analisis pengaruh pengungkapan komprehensif terhadap likuiditas saham (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Irma, and Dwiyani, Rini (2011) Analisis pengaruh pengungkapan komprehensif terhadap likuiditas saham (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
12-81991.pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh tingkat pengungkapan informasi perusahaan terhadap tingkat likuiditas saham yang diwakili oleh indikator-indikatornya seperti relative bid-ask spread atau relative spread, total depth, dan rasio depth to relative spread (DRS). Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis konten (containt analysis) dalam menghasilkan indeks pengungkapan dengan menggunakan data laporan keuangan 100 perusahaan yang terdaftar di saham Kompas 100 pada tahun 2008 dan tahun 2009. Pengujian statistik terhadap hipotesis dirumuskan menggunakan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, baik secara individu maupun secara simultan. Uji statistik ini menguji pengaruh tingkat pengungkapan terhadap likuiditas saham. Dari basil penelitian, ditemukan bahwa tingkat pengungkapan memiliki hubungan negatif dengan relative spread, artinya adalah semakin tinggi tingkat pengungkapan informasi perusahaan, maka tingkat relative spread saham akan semakin rendah. Sebaliknya semakin tinggi tingkat pengungkapan informasi, maka tingkat total depth dan depth to relatif spread saham akan semakin tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa relative spread yang rendah, total depth yang tinggi dan depth to relatif spread yang tinggi menghasilkan likuiditas saham yang tinggi juga. Tingkat pengungkapan memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap relative spread. Tingkat pengungkapan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap total depth dan depth to relative spread. Pengungkapan informasi perusahaan masih memegang peranan dalam pengambilan keputusan berinvestasi bagi investor.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 12/81991.PDF
Uncontrolled Keywords: Disclosure, Relative Spread, Total Depth, Depth to Relative Spread.
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.041 Capital (Modal, Permodalan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:52
Last Modified: 02 Apr 2024 02:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10662

Actions (login required)

View Item View Item