Evaluasi perencanaan dan pelaksanaan strategi promosi ( studi pada Taman Mini Indonesia Indah): laporan penelitian madya pengayaan bahan ajar

Mashithoh, Heriyanni and Maria, Maya (2011) Evaluasi perencanaan dan pelaksanaan strategi promosi ( studi pada Taman Mini Indonesia Indah): laporan penelitian madya pengayaan bahan ajar. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
12-82009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu destinasi wisata yang sangat popular di Indonesia,khususnya DKI Jakarta. Dalarn usianya yang 25 tahunTMII telah berkembang menjadi tempat rekreasi yang merniliki sarana dan prasarana yang lengkap, aksesibilitas yang baik dan atraksi yang terns bertarnbah. Dengan kondisi diatas,TMII rnerupakan destinasi wisata yang sangat potensial untuk didatangi oleh pengunjung. TMII mengalami penurunan pengunjung mulai tahun 2002 sampai dengan 2009. Salah satu hal yang menurut penulis harus ditinjau lebih jauh sehubungan dengan rnasalah penurunan pengunjung ini adalah promosi yang dilakukan oleh manajemen TMII. Oleh karena itu, penelitian ini Bauran promosi yang dipilih oleh manajernen TMII adalah (I) periklanan, dengan media surat kabar, brosur, poster, spanduk, billboard, baliho, kalender acara, dan radio (2) public relation, dengan cara menggelar event-event budaya, festival ketupat, konser music dan melakukan press release atas kegiatan yang dilakukan yang kemudian dipublikasikan melalui televisi ataupun radio, (3) Sales Promotion, seperti potongan harga untuk rombongan, tiket murah dan door prize (4) Direct Marketing, melalui penerbitan buku yang memberikan gambaran TMII secara lengkap, dan website. Berdasarkan evaluasi pihak manajemen, dari berbagai media yang telah digunakan, penggunaan media luar luar seperti spanduk, billboard, baliho sangatlah efektif untuk rnenarik pengunjung datang ke TMII, setelah itu kalender acara yang diterbitkan di media cetak juga sangat efektif. Berdasarkan hasil kuesioner kepada responden, diperoleh informasi bahwa alasan tertinggi responden datang ke TMII adalah untuk mengikuti acara 28% dan diajak oleh teman (20,7%). Sedangkan mereka yang datang ke TMII karena hanya tertarik dengan promosi TMII hanya 6.1 % saja. Oleh karena itu , TMII perlu meninjau kembali perencanaan promosi yang dilalukannya terutama media yang digunakannya. Dari hasil kuesioner kepada responden, media yang paling banyak diketahui oleh responden poster dan spanduk, sementara pihak manajernen TMII berpendapat billboard dan papan besar merupakan media yang paling efektif rnengjangkau konsumen. Untuk itu, pihak manajernen TMII perlu memaksimalnya penyebaran poster dan spanduk. Dan untuk baliho atau papan besar seharusnya jumlah nya ditambah, jika memungkinkan di 5 wilayah Jakarta, bandara dan tempat strategis lainnya. Pihak TMII seharunya juga mulai mempertirnbangkan media televisi yang memiliki coverage yang luas dan garnbar yang atraktif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 12/82009.pdf
Uncontrolled Keywords: destinasi, promosi, TMII
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.479 Tourism Industri (Industri Pariwisata)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.1 Advertising (Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:06
Last Modified: 04 Apr 2024 03:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item