Ruyana, Helda (2013) Analisis Kualitas Pelayanan Pendaftaran Calon Jemaah Haji pada Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang Tahun 2011. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41045.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Salah satu masalah yang erat kaitannya dengan pendaftaran calon jemaah haji pada Tahun 2011 di Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang adalah belum optimalnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas pelayanan haji. Hal ini disebabkan berbagai faktor mulai dari ruang pelayanan yang belum lengkap dan memadai sampai kepada petugas pendaftaran calon jemaah haji yang kurang terampil dalam melayani. Oleh karena itu dalam proses pelayanan pendaftaran calon jemaah haji perlu lebih ditingkatkan kualitasnya, sehingga judul penelitian ini adalah Analisis Kualitas Pelayanan Pendaftaran Calon Jemaah Haji pada Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang Tahun 2011". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pendaftaran calon jemaah haji pada Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti memandang obyek secara utuh, suatu realitas tidak dapat dilihat secara parsial. Realitas dalam penelitian ini tidak hanya yang tampak saja, tetapi sampai pada di balik yang tampak tersebut. Metode ini juga digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Untuk mendapatkan data yang valid dan objektif, maka dalam teknik pengumpulan data menggunakan 3 teknik yaitu pertama, teknik wawancara; kedua teknik observasi; ketiga teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan masih terdapat kekurangan atau ketidaksesuaian terhadap kelima dimensi kualitas pelayanan (Tangible, Responsiveness, Reliability, Assurance & Empathy). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, direkomendasikan bagi Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang untuk dapat segera melengkapi peralatan pendaftaran calon jemaah haji terutama dengan peralatan SISKOHAT yang lengkap, agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih optimal sehingga kualitas pelayanan pendaftaran calon jemaah haji pada tahun-tahun mendatang dapat tercapai seperti yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41045.pdf |
Uncontrolled Keywords: | service quality, kualitas pelayanan |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:27 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 04:27 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1067 |
Actions (login required)
View Item |