Demokratisasi Pendidikan Melalui Keterbukaan Pendidikan (BNBB)

Belawati, Tian (2024) Demokratisasi Pendidikan Melalui Keterbukaan Pendidikan (BNBB). Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. ISBN 978-623-153-404-0

[img] Text
24-BU013.pdf

Download (28MB)

Abstract

Pendidikan sebagai barang publik tidak hanya sebagai saluran penyebaran ilmu pengetahuan, tetapi merupakan entitas publik yang membentuk masyarakat dan individu. Filosofi ini berdasarkan keyakinan bahwa akses ke pengetahuan adalah hak dan bukan privilège. Pendidikan memiliki manfaat yang meluas, tidak hanya bagi individu tetapi juga komunitas dan bangsa,meningkatkan kohesi sosial, demokrasi, dan kemajuan ekonomi. Mengadopsi paradigma pendidikan sebagai barang publik dapat mengurangi kesenjangan pendidikan, meningkatkan keterlibatan sipil, dan mendorong pembangunan ekonomi. Pendidikan terbuka juga menekankan keterbukaan akses dan inklusivitas sistem, memungkinkan individu untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Dengan demikian, pendidikan sebagai barang publik harus dapat diakses secara terbuka, karena keterbukaan pendidikan memiliki potensi transformatif yang melampaui ranah akademisi, membentuk struktur sosial,ekonomi, dan politik masyarakat, serta mempengaruhi kesejahteraan individu dan masyarakat secara kolektif. Ketika konsep pendidikan terbuka seperti ini diadopsi dan diimplementasikan maka kita secara langsung juga melakukan demokratisasi pendidikan.

Item Type: Book
Additional Information (ID): 24/BU013.pdf
Uncontrolled Keywords: Demokrasi - Pembelajaran, democracy-learning
Subjects: 300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 321.8 Democratic Government (Pemerintahan Demokrasi)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Publikasi UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:02
Last Modified: 16 Oct 2024 04:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10685

Actions (login required)

View Item View Item