Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Pengembangan E-Modul End-Point Assessments (EPAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital dalam Berbisnis Online Bagi Pemula

Radeswandri, Tri Wijayanti and Berlian, Mery and Vebrianto, Rian and Saputri, Nolita (2024) Pengembangan E-Modul End-Point Assessments (EPAs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital dalam Berbisnis Online Bagi Pemula. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang selatan. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian EPAs - Baru Rades.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia selalu melakukan pembaharuan mulai dari perkembangan media pembelajaran, strategi dan model pembelajaran, kurikulum pembelajaran serta upaya kebijakan baru terutama Universitas Terbuka sebagai wadah Transformasi Masyarakat 5.0 . Terlaksana progam kemandirian pada Perguruan Tinggi merupakan langkah awal agar lulusan yang dihasilkan memiliki skills yang mampu bersaing dengan masyarakat luar seperti Ekonomi ASEAN (MEA), dan menghadapi Socienty 5.0. Revolusi Industri 4.0 menjadikan seluruh sistem termasuk Pendidikan menjadi lebih praktis dan efisien sehingga sumber daya manusia yang dihasilkan harus melek akan teknologi informasi dan komunikasi sebagai ajang memulai bisnis berbasis online. Saat ini di dunia pendidikan, Guru masih kurang mampu menciptakan bahan ajar kemandirian dan penilaian setiap proses kinerja. Bahkan masih rendahnya kemampuan dalam pengoperasian teknologi digital sehingga perlu upaya sejak dini agar permasalahan tersebut bisa diminimalisir. Perkembangan teknologi terus berkembang, namun keadaan masih ekonomi belum berubah secara signifikan, maka perlu upaya penggunaan teknologi tepat guna untuk menjadi pusat informasi secara digital untuk memulai bisnis online bago pemula sebagai upaya dan solusi yang baik agar tidak menjadikan permasalahan dimasa mendatang. Salah satu upaya tersebut dengan mengembangkan bahan ajar seperti EModul End-Point Assessments (EPAs) yang mampu meningkatkan literasi digital bagi bisnis online pemula dan melek teknologi digital khususnya kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan subjek penelitian adalah mahasiswa dengan sampel beberapa Perguruan Tinggi di Provinsi Riau. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan angket serta instrumen tes untuk data kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis statistik yang meliputi statistik deskriptif dan inferensi. Penerapan bahan pembelajaran EModul End Point Assessments (EPAs) pada materi Bisnis online bagi pemula bertujuan untuk mengembangkan keterampilan yang harus di miliki mahasiswa diantaranya yaitu literasi digital dan dalam melakukan bisnis online (usaha maya). Indikator keberhasilan E-Modul End Point Assessments (EPAs) pada materi Bisnis online bagi pemula ini dilihat dari peningkatan literasi digital dalam mengaplikasi usaha secara online dengan basis informasi sesuai materi bisnis online bagi pemula. Luaran yang ditargetkan antara lain E-Modul End Point Assessments (EPAs) pada materi Bisnis online bagi pemula serta HKI minimal satu setiap tahun dan dipublikasi melalui jurnal Nasional bereputasi. Terapan Kesiapan Teknologi (TKT) yang dipersiapkan selama 2 tahun untuk mencapai TKT 5 dan TKT 6 yang sesuai, dengan rancangan tahun pertama yaitu dasar pengembangan E-Modul End Point Assessments (EPAs) pada materi Bisnis online bagi pemula, tahun kedua yaitu ujicoba teknologi terapan E-Modul End Point Assessments (EPAs) pada materi Bisnis online bagi pemula.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: E-Modul EPAs, Literasi Digital, Entrepreneur, Bisnis Online
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 650 Business (Bisnis)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:23
Last Modified: 13 Feb 2025 07:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10740

Actions (login required)

View Item View Item