Amani, Husnaeni Fauziah and Windrati, Nila Kusuma Analisa Narasi Politik Partai Gerindra di TikTok selama Masa Kampanye Pemilihan Presiden & Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2024. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. (Unpublished)
|
Text
Laporan Akhir Penelitian Husna.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
TikTok menjadi media sosial yang mengalami pertumbuhan pengguna yang cepat di Indonesia. Pada kampanye Pemilihan Presiden 2024, TikTok menjadi salah satu media yang penting untuk pembuatan narasi politik khususnya bagi pemilih muda. Gerindra menjadi Partai Politik yang aktif menggunakan TikTok dengan 35 unggahan selama masa kampanye. Terdapat 15 unggahan dari akun TikTok Gerindra yang mendapatkan views lebih dari satu juta. Gerindra merupakan Partai pengusung Prabowo Subianto yang melakukan perubahan branding politik Prabowo dari maskulin menjadi “gemoy”. Penelitian ini mencoba untuk menyelidiki bagaimana narasi politik yang dilakukan oleh Partai Gerindra selama masa kampanye Pemilihan Presiden & Wakil Presiden 2024 di TikTok. Peneilitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan semiotika Barthes sebagai alat analisanya. Dari total 35 unggahan konten di TikTok Gerindra selama masa kampanye peneliti kemudian memilih 7 unggahan yang memiliki impresi tinggi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi politik; digital media; semiotcs;TikTok |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.24 Content of Communication (Isi Komunikasi) 300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 324.9 Political Campaigns (Kampanye Politik) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 09:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 09:47 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |