Kani, and Ikhsan, and Ashar, Muhammad and Mustari, and Ichwan, and Kadarisman, and Santri, Johan and Delima, (2024) Pengembangan AI Adaptive Feedback dan Recomendation Course pada Learning Management System (LMS) Universitas Terbuka dan ICE Institute untuk Optimalisasi Layanan Digital Learning. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan. (Unpublished)
|
Text
Laporan Penelitian Asli - kani.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan Adaptive Feedback menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) adalah cara inovatif untuk memberikan umpan balik yang disesuaikan secara otomatis kepada pengguna berdasarkan perilaku dan kinerja mereka. Penerapan AI adaptive feedback pada LMS memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih personal, mendukung pertumbuhan dan perkembangan individu, dan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Proses penelitian ini adalah bagaimana AI mengumpulkan dan menganalisis data dari interaksi pengguna dengan LMS, termasuk respons terhadap materi pembelajaran, kehadiran, dan kinerja dalam tugas atau ujian dan AI menganalisis pola perilaku dan kinerja pengguna untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam proses pembelajaran serta AI memberikan umpan balik secara real-time kepada pengguna. Ini bisa berupa pujian untuk prestasi atau saran untuk perbaikan dalam area tertentu. Proses penting penelitian ini juga mempertimbangkan umpan balik dari AI disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman individu setiap pengguna. Ini meningkatkan relevansi dan efektivitas umpan balik. Yang selanjutnya AI memberikan rekomendasi materi pembelajaran tambahan sesuai kebutuhan pengguna dan mengidentifikasi area di mana pengguna mungkin memerlukan bantuan tambahan atau materi khusus. Selanjutnya sistem AI adaptive feedback terintegrasi secara menyeluruh dengan LMS, memastikan pengguna dapat dengan mudah mengakses umpan balik mereka dan melibatkan diri dalam pembelajaran yang disesuaikan. Model pengembangan penelitian menggunakan R&D implementasi digital learning disruptif berbantuan AI dengan target dan focus penelitian ini adalah memberikan umpan balik yang tepat waktu dan disesuaikan, AI adaptive feedback membantu meningkatkan motivasi daen efisiensi pembelajaran.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | |
Uncontrolled Keywords: | AI adaptive feedback, LMS, Digital Learning |
Subjects: | 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 006.3 Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 06:30 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:30 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |