Search for collections on Universitas Terbuka Repository

Determinan Pengembangan Karier Dosen di Universitas Terbuka

Furqorina, Rizka and Firdaus, Mohammad Iqbal and Kamari, and Nurkhotiah, Siti (2024) Determinan Pengembangan Karier Dosen di Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian cover 2024-merged.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengembangan karier dosen dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada dosen di lingkungan Universitas Terbuka. Saat ini Jumlah dosen di Universitas Terbuka adalah 708 dosen, dengan rincian 430 dosen bertugas di UT Pusat dan dosen yang bertugas di unit daerah (UT Daerah) sebanyak 278 dosen (Kepegawaian UT, 2023). Pada Tahun 2023, tercatat mahasiswa UT sejumlah 525.419 mahasiswa. Tersebarnya mahasiswa UT di seluruh Indonesia di UT Daerah, maka Dosen juga ditempatkan di UT Daerah guna membantu penyelenggaraan Pendidikan di UT Daerah. Penyelenggaraan pendidikan di UT juga melibatkan pihak eksternal sebagai tutor. Peran Dosen di UT sedikit berbeda dengan perguruan tinggi konvensional lainnya. Dosen di UT, terutama Dosen di UT Daerah, lebih banyak berpartisipasi dalam kegiatan administratif penyelenggaraan pendidikan jarak jauh. Hal tersebut mengakibatkan berkurangnya atmosfir akademik pada Dosen. Permasalahan yang dihadapi oleh Dosen di UT adalah kurang maksimalnya dalam pengembangan karir. Hal ini dapat dilihat dari kepangkatan dosen dan aktivitas serta produktivitas dosen. Rasio jabatan fungsional dosen di UT di dominasi oleh jabatan Lektor dengan persentase sebesar 52,12% disusul jabatan Asisten Ahli sebesar 22,74%. Selain itu, Aktivitas dan produktivitas dosen di UT masih rendah khususnya yang berkaitan dengan tridharma, terutama yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian. Tahun 2021 tercatat jumlah artikel luaran penelitian yang dibiayai sebanyak 246 dan luaran pengabdian sebanyak 60, serta penelitian mandiri sebanyak 80. Jumlah tersebut lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah dosen. Rendahnya pengembangan karir ini dapat disebabkan oleh dukungan organisasi, motivasi kerja, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi bagi dosen. Penelitian ini menggunakan data primer. Penelitian mengenai determinan karir dosen di Universitas Terbuka menjadi penting untuk dilakukan karena karir dosen merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas dan produktivitas dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang pada akhirnya akan berkontribusi terhadap institusi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): ...pdf
Uncontrolled Keywords: determinan, pengembangan karir, komitmen organisasi, motivasi kerja,dukungan organisasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Feb 2025 04:07
Last Modified: 19 Feb 2025 04:07
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item View Item