Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara

Umagap, Asril (2013) Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41298.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) mengidentifikasi faktor internal dan ekstemal dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara, (2) mengidentifikasi faktor kunci keberhasilan pengembangan pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara, dan (3) merumuskan strategi pengembangan pariwisata di Kabupaten Maluku Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan maksud hasil penelitian ini akan memberikan gambaran atau mendiskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat terhadap objek yang akan diteliti dan mengajukan sebuah strategi pengembangan sebagai bahan rekomendasi bagi Pemerintah Daerah. Responden penelitian ini adalah Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kepala Bidang dan Kepala Seksi pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Tenggara, pelaku usaha pariwisata, pengelola objek wisata, masyarakat di sekitar objek vvisata, budayawan dan komponen masyarakat yang ditemukan di lokasi penelitian yang diperkirakan dapat memberikan informasi terkait perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Maluku Tenggara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Strategi pengembangan wisata yang diperoleh dari hasil analisis SWOT terbagi dalam 2 ( dua) bagian yaitu strategi fokus yang pada dasarnya dapat dinamai sebagai strategi stabilitas atau rasionalisasi dan strategi pendukung yang pada dasarnya dapat dinamai sebagai strategi ekspansi, strategi diversifikasi, dan strategi defensif atau survival. Pada strategi fokus diperoleh beberapa strategi pengembangan yaitu: fasilitasi pembentukan Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara oleh Pemerintah Daerah dan menetapkan dalam sebuah Keputusan Kepala Daerah guna mendukung pencitraan wisata bahari dan budaya Kabupaten Maluku Tenggara di tingkat nasional maupun mancanegara dan fasilitasi Pemerintah Daerah mclalui pcnycdiaan rcgulasi yang mcndukung terciptanya iklim investasi yang kondusif di bidang pariwisata. Pada strategi pendukung diperoleh beberapa strategi pengembangan antara lain: mengoptimalkan potensi bahari dan seni budaya guna meningkatkan kunjungan wisatawan, penataan obyek dan daya tarik wisata yang dimiliki guna mewujudkan investasi di sejumlah obyek wisata dan membuka jaringan (networking) dengan destinasi utama di Indonesia (Jakarta, Bali, Jogja, Manado) agar dapat memperkenalkan potensi seni budaya dan sosial masyarakat Kei yang unik dan terjaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41298.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategy, Tourism Development, SWOT Analysis, Strategi, Pengembangan Pariwisata, Analisis SWOT
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.40 Strategic Management (Manajemen Strategis)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 08 Aug 2016 05:03
Last Modified: 08 Aug 2016 05:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item