Anwar, Rudi (2010) Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Perusahaan Distribusi PT. Tiga Benua Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40379.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Di dalam dunia usaha, terjadi kondisi yang tidak menentu dan persaingan yang semakin ketat, dan mengharuskan perusahaan senantiasa mengevaluasi strategi-strategi yang ada, agar mampu bertahan dalam persaingan. Adapun strategi yang dipakai perusahaan pada umumnya adalah strategi bauran pemasaran (4 P-Product, Price, and Promotion), dan dilihat dalam kaitannya mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, agar produk yang ditawarkan oleh perusahaan dapat terjual optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT Tiga Benua dan mengevaluasi strategi bauran pemasaran yang dilakukan selama ini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan cara menyebarkan kuesioner, wawancara dan dievaluasi dengan bantuan SPSS, guna menjawab hipotesis, yaitu: terdapat hubungan positif dan signifikan antara bauran pemasaran produk, harga, tempat dan promosi dengan keputusan pembelian produk. Subyek penelitian adalah konsumen bir Heineken yang ada di channel pujasera, penulis membatasi penelitian ini di channel ini saja, karena tempat berkumpulnya peminum bir ada di channel ini. Dalam mengambil sampel penelitian digunakan teknik convenience sampling, artinya anggota populasi tidak mempunyai kesempatan yang sama dipilih. Analisis hipotesis dilakukan dengan analisis ANOVA (Uji F) Uji serempak, dimana bila hasil sig <0.05, maka hubungan regresi adalah linier dan bila F hitung > F Tabel, maka hipotesis dapat diterima. Untuk mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variable-variabel bebas, maka digunakan seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variable-variabel bebas, maka digunakan Koefisien Determinasi (R2), dan dilihat dari angka ouput Adjusted R Square. Dan untuk menguji secara parsial, dengan Uji t, jika t hitung > table, maka hipotesis dapat diterima dan tingkat signifikasi harus dibawah 0.05, dan dari output yang ada akan didapatkan persamaan regresinya. Hasil analisis ANOVA (uji serempak) menunjukkan bahwa nilai F hitung (24.972) > F Tabel dan tingkat signifikasi (0.000) < 0.05, maka variable Bauran Pemasaran (Variabel Bebas) berpengaruh signifikansi terhadap keputusan pembelian konsumen. Dan bila dilihat dari hasil Adjusted R S quare adalah 0.548 artinya 54.8% keputusan pembelian dipengaruhi oleh bauran pemasaran. Hasil dari Uji Hipitesis (uii t) secara parsial, dimaan hasilnya produk terhadap keputusan pembelian (t=4.010) dan sig (.000) didukung data, artinya hipotesis awal diterima yaitu variable produk dan tempat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variable keputusan pembelian, sedangkan untuk variable harga dan apromosi tidak didukung data, sehingga hipotesis awal tidak diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40379.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Bauran pemasaran produk, harga, tempat dan promosi, keputusan pembelian |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 07:45 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 02:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1102 |
Actions (login required)
View Item |