Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah

Lumbanraja, Basaria (2012) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
40886.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru, pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru dan pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian survai. Reponden adalah guru SMP Negeri 1 Pandan sebanyak 42 orang. Tipe penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) karena penelitian ini bermaksud menjelaskan pengaruh antar variabel kepemimpinan kepala sekolah dan variabel motivasi kerja terhadap kinerja guru. Pengumpulan data di lakukan melalui kuesioner dan dokumen sekolah. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan, 1). Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Pandan, karena hasil uji t menunjukkan variabel kepemimpinan kepala sekolah memiliki nilai thitung 4.882 > ttabel 1,980 dan signifikansi 0,00 < 0,05. 2). Motivasi kerja guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Pandan, karena hasil uji t menunjukkan variabel motivasi kerja memiliki nilai thitung 4.810 > ttabel 1,980 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. 3). Gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Pandan , karena hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung 23.488 > nilai Ftabe l 2,60 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis determinan menunjukkan variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja mampu menjelaskan variabel kinerja guru SMP Negeri 1 Pandan sebesar 59,5%, sedangkan sisanya sebesar 40,5% dipengaruhi variabel lain yang mempengaruhi kinerja guru di luar variabel dalam penelitian dan persamaan regresi penelitian Y =-1,570 + 4,882 X1 + 4,810 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan lebih dominan mempengaruhi kinerja guru dari pada variabel motivasi kerja. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan sebesar 4,882, sementara motivasi kerja guru sebesar 4,810.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 13/40886.pdf
Uncontrolled Keywords: the school principal leadership, the working motivation, the teachers’ performances, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 08 Aug 2016 08:24
Last Modified: 31 Jan 2019 02:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item