Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh

Zulhafiqi, (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41702.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit saat ini seharusnya senantiasa berorientasi kepada pasien dan menjadikan kualitas layanan ini sebagai keunggulan dalam bersaing. Kualitas layanan adalah seberapa besar perbedaan antara kinerja dan harapan pasien atas layanan yang diterima Kualitas layanan akan menentukan tingkat kepuasan dan loyalitas pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional terhadap pasien rawat jalan. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif untuk menguji pengaruhkualitas layanan pada lima dimensi utama kualitas jasa yang terdiri dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik terhadap kepuasan serta implikasinya terhadap loyalitas pasien. Populasi pacta penelitian ini adalah pasien pada BLUD RSIA. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 99 orang dan metode yang digunakan adalah menggunakan rum us T Tharo Yamane. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dimana Y menunjuk pada variabel kepuasan pasien, X1 variabel tangible,X2 variabel reliability, X3 variabel responsiveness, X4 variabel assurance, dan X5 variabel empathy. Total pengaruh kualitas pelayanan beserta dimensi-dimensinya XI= Dimensi Tampilan Fisik, X2= Dimensi Kehandalan, X3 = Dimensi Ketanggapan, X4= Dimensi Jaminan, Xs= Dimensi empati terhadap loyalitas pasien di Rumah Sakit lbu dan Anak (RSIA) di Aceh baik secara langsung maupun tidak langsung sebesar 53.1% Sedangkan sisanya masih ada faktor lain (epsilon) yang tidak terdeteksi!tersembunyi yang turut mempengaruhi loyalitas pasien terhadap Rumah Sakit lbu dan Anak (RSIA) di Aceh sebesar 100%-53.1% = 46.9%. Disarankan bagi tenaga kesehatan di BLUD RSIA agar lebih menyediakan waktu konsultasi yang cukup dan pemberian informasi yang lengkap dan jelas tentang penyakit pasien. Selain itu perlunya suatu upaya untuk memantau dan menganalisa setiap keluhan dan harapan pasien yang berkaitan dengan kualitas pelayanan rumah sakit termasuk mutu pelayanan petugas di ruang rawat inap rumah sakit ibu dan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41702.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty), loyalitas.
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 May 2016 07:45
Last Modified: 30 Jan 2019 09:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item