Jualang, Yulsius (2009) Analisis Kualitas Layanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Ruang Rawat Inap RSUD Ade Mohammad Djoen Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41217.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan pelayanan di Rumah Sakit yang berguna memberikan feedback bagi pihak manajemen maupun pemberi pelayanan langsung, karena dengan mutu pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari RSUD Ade Mohammad Djoen pemah dimuat di Koran Kapuas Post yang menyatakan pelayanan di Rumah Sakit masih sangat kurang. Padahal RSUD Ade Mohammad Djoen dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adaIah untuk mengetahui persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan dan faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adaIah metode penelitian kualitatif dengan 75 responden rawat inap. Analisis data menggunakan analisis deskriptif univariat katagorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien mempunyai persepsi yang kurang terhadap kualitas pelayanan yang diberikan pada ruang rawat inap. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di Ruang rawat inap, maka disarankan pihak Rumah Sakit dapat; Memberikan pendidikan atau pelatihan-pelatihan yang berkala untuk tenaga medis maupun keperawatan, Memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana di ruang rawat inap, Perlu menambah jumlah tenaga perawat dan tenaga dokter spesialis, dan perlu memikirkan peningkatan insentif untuk tenaga perawat maupun dokter.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41217.pdf |
Uncontrolled Keywords: | patient satisfaction, service quality, kepuasan pasien, kualitas pelayanan |
Subjects: | 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.12 Health Centers (Pusat Layanan Kesehatan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 08:51 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 07:03 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1133 |
Actions (login required)
View Item |