Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Menyusun dan Mengimplementasikan Strategi Pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok

Rukiman, (2010) Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Menyusun dan Mengimplementasikan Strategi Pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40598.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kompetensi dan motivasi terhadap kinerja menyusun dan mengimplementasikan strategi pembelajaran, motivasi guru terhadap kinerja menyusun strategi pembelajaran dan pengaruh antara kompetensi dan motivasi guru terhadap kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok. Penelitian adalah penelitian deskriptif analitis menggunakan metode survey. Subjek penelitian adalah guru- guru Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat sebanyak 257 dengan sampel 72 orang pada saat penelitian ini dilakukan. Metode sampling menarik dan memilih sampel yang populasinya relatif homogen, maka digunakan metode simple random sampling. Uji reliabilitas dan validitas digunakan untuk menentukan valid atau tidaknya kuesioner penelitian. Metode analisis data adalah dengan menggunakan metode regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dari kompetensi terhadap kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok adalah sebesar 0,620 artinya 62% keragaman variabel kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah dasar di Kecamatan Muntok disebabkan oleh kompetensi, sedangkan sisanya 38% disebabkan oleh faktor lain. Pengaruh motivasi guru terhadap kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok adalah sebesar 0,633 artinya 63,3% keragaman variabel kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok disebabkan oleh motivasi guru, sedangkan sisanya 36,7% disebabkan oleh faktor lain. Pengaruh dari kompetensi dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok adalah sebesar 0,729 artinya 72,9% keragaman variabel kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok disebabkan oleh kompetensi dan motivasi guru, sedangkan sisanya 27,1 % disebabkan oleh faktor lain. Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa faktor kompetensi berpengaruh terhadap kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok, pengaruhnya positif dan cukup besar. faktor motivasi guru berpengaruh terhadap kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok, pengaruhnya positif dan cukup besar serta faktor kompetensi dan motivasi guru berpengaruh terhadap kinerja menyusun strategi pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Muntok, pengaruhnya positif dan cukup besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40598.pdf
Uncontrolled Keywords: competence, motivation, teacher, performance, kompetensi, motivasi, guru, kinerja
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:46
Last Modified: 01 Aug 2019 01:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item