Pengaruh Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Rangka Peningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangka

Yusroni, (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Rangka Peningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangka. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40830.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan pada Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Bangka sebagai salah satu satuan kerja yang berfungsi menyelenggarakan pelayanan publik di bidang perizinan. Penelitian ini dilakukan dengan melihat tingkat kinerja laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bangka serta pengaruh kualitas pelayanan kantor pelayanan terpadu terhadap kepuasaan masyarakat dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengunakan data primer guna menjawab hipotesis pengaruh kualitas pelayanan Kantor Pelayanan Terpadu yang diwakili oleh dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan equity terhadap kepuasaaan masyarakat dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangka serta data sekunder berupa Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bangka. Metode analisis data yang digunakan, yaitu analisis horizontal dan vertikal, analisis rasio, uji validitas dan reabilitas, koefisien determinasi, persamaan regresi serta uji hipotesis. Subjek penelitian adalah pelanggan Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Bangka yang mengurus perizinan pada tanggal 26 Maret 2010 sampai dengan tanggal 26 Maret 2011. Sampel penelitian dengan cara dilakukan melalui random purposive sampling dan analisis hipotesis dilakukan dengan Uji T (T-Test). Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan pendapatan retribusi daerah sejak berdirinya kantor pelayanan terpadu dan terciptanya kepuasaan masyarakat. Ini dibuktikan bahwa nilai uji F sebesar 34.359 dengan probabilitas ,000b dan nilai p value lebih kecil dari 0,05 artinya secara simultan kualitas pelayanan yang diberikan KPT yang terdiri dari dimensi tangible, reliability, assurance, emphaty dan equity berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasaan masyarakat. Sedangkan secara parsial nilai uji t dimensi assurance sebesar 1.602 dengan probabilitas 0,112 dan nilai uji t dimensi empahty sebesar 0,465 dengan probabilitas 0,643 atau lebih besar dari 0,05 sehingga dimensi assurance dan emphaty tidak berpengaruh terhadap kepuasaan masyarakat dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40830.pdf
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasaan masyarakat, pendapatan asli daerah, quality of care, community satisfaction, revenue
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:30
Last Modified: 09 Aug 2016 02:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item