Implementasi Akreditasi Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak

Yohanes, Erick (2010) Implementasi Akreditasi Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40491.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan nasional secara bertahap dan terencana dilaksanakan sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab XVI bagian Kedua tentang Akreditasi Sekolah. Akreditasi tersebut dilakukan untuk menilai kelayakan dan kinerja satuan pendidikan. Pada proses pelaksanaan akreditasi, pihak sekolah banyak mengalami berbagai kendala terkait yang terkait dengan persyaratan dan pemahaman akreditasi tersebut. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini difokuskan pada implementasi akreditasi sekolah pada sekolah dasar negeri (SDN) di Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis ingin menganalisis akreditasi yang dilaksanakan pada akreditasi SD Negeri di Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak oleh BAS Propinsi Kalimantan Barat, (2) ingin menganalisis hasil akreditasi mengenai kinerja Kepala SD Negeri di Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak oleh BAS Provinsi Kalimantan Barat, dan (3) ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan proses akreditasi sekolah pada SD Negeri di Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak oleh BAS Provinsi Kalimantan Barat. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini disebut bersifat deskriptif karena penelitian ini menganalisis dan menggambarkan secara cermat data dan fakta-fakta yang diperoleh. Untuk memperoleh data yang dimaksud, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik pengumpeulan data, yakni : (1) Penelitian Lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan wawancara (interview), dan (2) Penelitian Kepustakaan (library research) yaitu pengumpulan data dengan membaca dokumen-dokumen tentang proses akreditasi dan dampaknya terhadap kualitas lulusan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan telaahan dokumen. Informan atau responden ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu sampel ditetapkan secara sengaja oleh peneliti. Dalam hal ini, penentuan sampel berdasarkan kriteria atau pertimbangan tertentu, jadi bukan melalui proses pemilihan sebagaimana yang dilakukan pada teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Kebijakan Sistem Akreditasi Sekolah yang diimplementasikan oleh BAS terhadap SDN di Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak pada tahun 2008 telah dilakukan dengan baik dan memberikan dampak yang positif dalam upaya peningkatan kualitas siswa sekolah dasar. Kebijakan Sistem Akreditasi Sekolah yang dilaksanakan oleh BAS Kabupaten Landak mencakup kurikulum dan proses pembelajaran, administrasi dan manajemen sekolah, organisasi dan kelembagaan, sarana dan prasarana sekolah, ketenagaan, pembiayaan dan pendanaan, peserta didik, peran serta masyarakat dan lingkungan/kultur sekolah terhadap SD Negeri. FAktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan akreditasi sekolah adalah : (1) kepemimpinan sekolah, (2) sarana dan prasarana, dan (3) tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 10/40491.pdf
Uncontrolled Keywords: kebijakan akreditasi sekolah tingkat sekolah dasar, kualitas peserta didik, akreditasi sekolah, sekolah dasar, elementary school, state elementary school accreditation, school accreditation
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 379.4-379.9 Public Policy Education in Specific Localities (Peraturan-peraturan Pendidikan di Lokasi Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 May 2016 09:11
Last Modified: 04 May 2016 09:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item