Rahmatsyah, (2009) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kabupaten Lampung Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40629.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
Salah satu layanan Pemerintah yang dibutuhkan masyarakat adalah Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dimana IMB merupakan dokumen bukti kepemilikan suatu bangunan yang diwajibkan untuk masyarakat yang memiliki rumah/bangunan. Mengingat pentingnya IMB, dimana adanya keluhan sebagian masyarakat terhadap pelayanan pembuatan IMB, maka dilakukanlah penelitian ini, dengan tujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat atas kualitas layanan IMB di Kantor Dinas Tata Kota Kabupaten Lampung Utara terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini termasuk dalam lingkup studi pemerintah daerah dan manajemen pelayanan publik, dengan analisis kualitas yang datanya dikumpulkan melalui survey/ kuisioner dengan pengambilan sampel sebanyak 50 orang terhadap anggota masyarakat yang sudah membuat atau mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kantor Dinas Tata Kota Kabupaten Lampung Utara pada Tahun 2007 dan 2008, terdiri dari 2 (dua) kategori bentuk bangunan yakni 23 (46 %) bangunan komersil dan 27 (54 %) bangunan non komersil. Kualitas layanan yang diteliti terdiri dari empat variabel yaitu (X1) kecepatan, (X2) ketepatan, (X3) kemudahan, dan (X4) keadilan, diukur melalui kuesioner dengan 14 butir pertanyaan sedangkan kepuasan masyarakat atau Variabel (Y) melalui 4 butir pertanyaan. Selanjutnya frekuensi tanggapan responden ditabulasikan dalam bentuk skor, kemudiaan dilakukan perhitungan berdasarkan metode Service Quality yaitu membandingkan kinerja kualitas layanan yang diterima dengan nilai harapan yang diinginkan konsumen/masyarakat. Sedangkan untuk pembuktian hipotesis dilakukan Uji F dan Regresi Berganda untuk mengetahui besaran pengaruh/determinasi dari masing-masing variabel bebas (X) terhadap kepuasan masyarakat (Y). Hasil dan simpulan penelitian bahwa berdasarkan angka Service Quality kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan Izin Mendirikan Bangunan telah memuaskan (dengan nilai 59,89% dari nilai minimal 52 %) hal tersebut disebabkan karena dari empat variabel kualitas layanan ternyata variabel kecepatan dan ketepatan termasuk kedalanm kategori baik, sedangkan untuk variabel kemudahan dan keadilan termasuk kategori kurang baik. Dari hasil uji hipotesis bahwa kualitas layanan IMB mampunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan masyarakat yaitu 51,9% sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi secara empirik hipotesis yang diajukan terbukti atau diterima. Berdasarkan model persamaan regresi bahwa dari empat variabel kualitas layanan IMB ternyata variabel ketepatan memberikan kontribusi yang besar terhadap rasa kepuasan masyarakat yaitu sebesar 48,40 %, sedangkan variabel lainnya yaitu: kecepatan 39,98%, kemudahan 9,32% dan keadilan 2,30%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 11/40629.pdf |
Uncontrolled Keywords: | izin mendidirkan bangunan, IMB, kualitas layanan,kepuasan, masyarakat,building permission, service quality, the community/people, satisfaction |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 690-699 Buildings (Teknik Bangunan) > 696 Energy and Environmental of Building (Pengaturan Energi dan Lingkungan Sekitar Bangunan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 04 May 2016 09:37 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 07:03 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/119 |
Actions (login required)
View Item |